MEULABOHUTU | Penelitian merupakan salah satu tri dharma perguruan tinggi. Dosen dituntut untuk melakukan penelitian serta publikasi karya ilmiah di setiap semesternya. Hal ini untuk mendukung visi Universitas Teuku Umar yaitu Menjadi sumber inspirasi dan referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan bisnis di sektor agro and marine industri di peringkat regional (2025), nasional (2040), dan internasional (2060) melalui riset yang inovatif, kreatif, dan berdaya saing tinggi”.

Peranan perguruan tinggi dalam pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak hanya berasal dari kontribusi lulusannya yang bermutu, akan tetapi juga dari hasil penelitiannya yang relevan terhadap pengembangan keilmuan dan kebutuhan pembangunan.

Mengacu pada kondisi yang demikian, memicu Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar untuk mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Bereputasi. Adapun kegiatan tersebut telah sukses terlaksana pada tanggal 25 – 27 Juni 2024 lalu.

FGD yang mengangkat tema “Strengthening World Research Collaboration And Industrial Competitiveness” tersebut menghadirkan Prof. Ir. Dr. ShahrumAbdullah, Guru Besar dari Universiti Kebangsaan Malaysia, sebagai pemateri utama.

Dekan Fakultas Teknik UTU, Dr. Ir. Irwansyah, S.T., M.Eng., IPM dalam saambutannya mengharapka  melalui Forum Group Discussion tersebut peserta memiliki kesempatan untuk saling bertukar gagasan, berbagi pengalaman dan mengidentifikasi tantangan serta peluang yang ada dalam memajukan sektor industri lokal sehingga diharapkan dapat menghasilkan publikasi karya ilmiah pada jurnal internasional bereputasi

“FGD ini dirancang untuk memberikan wawasan praktis kepada peserta mengenai penulisan artikel ilmiah, termasuk tips dan kiat dalam mengubah karya ilmiah mahasiswa atau dosen menjadi artikel yang dapat dipublikasikan di jurnal-jurnal ilmiah bereputasi,” kata Dekan FT UTU

Sementara Rektor UTU yang diwakili Wakil Rektor III Ibrahim Laweung HS, SKM., MNSc dalam sambutannya setelah membuka acara menyambut baik kegiatan ini karena sejalan dengan visi UTU yaitu menjadi sumber inspirasi dan referensi, terutama lewat citasi karya ilmiah.

Secara umum kegiatan FGD berjalan dengan lancar, dimanadapat disimpulkan beberapa bagian penting, diantaranya:
1. Peningkatan prestasi mahasiswa baik dibidang pendidikan, penulisan karya ilmiah dan ekstrakurikuler.
2. Peningkatan penulisan dan publikasi karya ilmiah dosen pada Jurnal Internasional Bereputasi.
3. Menambah wawasan peserta FGD dalam meningkatkan kesempatan untuk saling bertukar gagasan, berbagi pengalaman dan mengidentifikasi tantangan serta peluang yang ada dalam memajukan sektor industri lokal.