MEULABOH, UTU – Universitas Teuku Umar mengirimkan delegasi mahasiswa untuk mengikuti ajang seleksi wawancara pemilihan Duta Bahasa Provinsi Aceh 2023 yanjg di pusatkan Balai Bahasa Provinsi Aceh di Banda Aceh, Rabu 14 Juni 2023.

Dalam kegiatan berupa seleksi wawancara tersebut diikuti oleh 5 orang perwakilan dari Duta Bahasa UTU yang terdiri dari 3 mahasiswa dan 2 mahasiswi. Para calon duta bahasa ini mengikuti seleksi wawancara terkait bidang literasi, wawasan kebahasaan dan sastra daerah Aceh, serta kepribadian.

Hasil seleksi wawancara diumumkan secara daring melalui laman Instagram @balaibahasa.aceh pada tanggal 15 Juni 2023. Dari 15 pasang calon Duta Bahasa Provinsi Aceh, diumumkan 10 pasang Finalis Duta Bahasa Aceh yang akan mengikuti masa karantina.

Dari 10 pasang yang lolos, 2 di antaranya mahasiswa Universitas Teuku Umar yang bernama Siti Arafah Carolina dan Maulana Rafinda. Keduanya akan mengikuti proses prakarantina mulai tanggal 21-23 Juni 2023 di Balai Bahasa Provinsi Aceh, karantina dan penobatan Duta Bahasa Provinsi Aceh pada tanggal 23-25 Juni 2023 di Hotel Ayani, Banda Aceh.

Pada masa prakarantina dan karantina nantinya para finalis Duta Bahasa akan mengikuti penyampaian materi, mengikuti tes UKBI, mempresentasikan krida program kebahasaan, dan ditutup dengan penobatan Duta Bahasa Provinsi Aceh 2023.

Untuk diketahui, kegiatan seleksi wawancara Duta Bahasa Provinsi Aceh diikuti dari berbagai perwakilan universitas di Aceh dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang atau 15 pasang. Para mahasiswa UTU menjadi satu-satunya perwakilan dari wilayah Barat-Selatan Aceh.  (Humas UTU)