MEULABOHUTU | Program Studi Teknik Mesin Universitas Teuku Umar melalui dana hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) mengirimkan 2 (dua) orang dosen Herri Darsan, ST., MT dan Dr. Pribadyo, ST., MT guna mengikuti Training dan Kompetensi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh PT. Bina Lintas Usaha Ekonomi (BLUE).

Ketua Jurusan Teknik Mesin Universitas Teuku Umar Dr. Pribadyo, ST., MT melaporkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dosen dan merupakan program pelatihan yang dapat dimanfaatkan dalam rangka peningkatan kompetensi profesional dosen.

Disisi lain energi baru terbarukan sudah menjadi perhatian dunia, kebutuhan energi yang makin meningkat membuat persediaan energi akan menipis. “Ketersediaan sumber daya manusia yang terampil dan berkualitas merupakan kunci keberhasilan dalam proses transisi energi Indonesia, dalam rangka mencapai netralitas karbon (net zero emission) pada tahun 2060”, jelas Dr. Pribadyo

Alasan itulah pentingnya perguruan tinggi dalam hal ini Prodi Teknik Mesin Universitas Teuku Umar turut berkontribusi untuk penggunaan sumber energi alternatif seperti halnya PLTS, tambahnya.

Training dilaksanakan secara offline bertempat di Hotel Neo Gubeng dan di Workshop PT Bina Lintas Usaha Ekonomi, Surabaya yang terdiri dari Skema Dasar Instalasi PLTS Rumah On Grid System, Skema Dasar Instalasi PLTS Off Grid System, Tahapan Perencanaan dan Rancang Bangun PLTS Off Grid System, K3 Insatalasi PLTS serta Praktek Instalasi. Kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 12 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia dan praktisi Energi terbarukan.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar Dr. Ir. Irwansyah, ST., M.Eng., IPM, mengatakan Fakultas Teknik UTU terus mendorong pengembangan kompetensi dosen sehingga dosen memiliki kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi serta menindaklanjuti program pemerintah dalam hal ini pengembangan PLTS secara masif hingga tahun 2060.

Pelatihan ini sangat penting diikuti karena dapat meningkatkan kemampuan dosen dalam memilih, merencanakan, merancang dan mengembangkan aplikasi sistem PV dimasa depan,” Pungkas Dr. Irwansyah. (Humas UTU).