MEULABOHUTU | Tempat Uji Kompetensi (TUK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar  bersama Universitas Malikussaleh mengadakan kegiatan Uji Kompetensi untuk Dosen Fakultas Pertanian.

Pada kegiatan tersebut, Universitas Teuku Umar menjadi Asesor Penguji Eksternal pada Senin, 27 November 2023. Perwakilan Dosen FPIK UTU yang ditugaskan untuk menjadi Asesor Penguji Eksternal pada acara tersebut adalah Mahendra, M.Si, Ir. H Zuriat, M.Si beserta Dr. Munandar, S.Kel., M.Sc.

Berdasarkan keterangan, kegiatan tersebut merupakan bentuk implementasi dan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) yang telah disepakati oleh TUK FPIK UTU dengan FP Unimal dalam melaksanakan kerja sama dalam lingkup pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Salah satunya yaitu dosen terlibat sebagai asesor dalam kegiatan uji kompetensi bagi dosen.

Uji kompetensi tersebut dengan bidang keahlian Budidaya Perikanan, Penyuluhan Perikanan dan Konservasi Perairan, dilaksanakan di Gedung Fakultas Pertanian Cot Teungku Nie Releut Aceh Utara yang diikuti oleh 20 orang dosen.

Uji kompetensi diperlukan bagi dosen dalam mendukung IKU perguruan tinggi dan menjadi bukti sahih (pengakuan) terhadap keahlian yang dimiliki oleh Dosen. Eva Ayuzar, M.Si sebagai ketua pelaksana mengatakan “alhamdulillah kami telah melaksanakan uji kompetensi bagi dosen lingkup fakultas pertanian, dan kami juga berterimakasih kepada TUK FPIK UTU yang telah menjadi asesor bagi uji kompetensi ini”.

Sementara itu ketua TUK FPIK UTU, Mahendra, M.Si mengatakan uji kompetensi bidang perikanan dan kelautan bagi dosen dan tenaga kependidikan merupakan agenda rutin dari TUK FPIK UTU, pelaksanaanya dapat di Universitas Teuku Umar maupun dilokasi penyelenggara.

Mahendra juga menyampaikan bahwa uji kompetensi tidak hanya untuk dosen namun juga bisa dilakukan untuk mahasiswa sebagai pendamping ijazah. (Humas UTU).