MEULABOH – UTU | Universitas Teuku Umar (UTU) menyelenggarakan Kuliah Umum bertajuk “Penguatan Misi Diferensiasi UTU Mencapai Keuanggulan Akademik Bidang Agro dan Marine Sciences” bertempat di Gedung Auditorium Teuku Umar, GKT, Kampus UTU, Rabu (11/10/2023). Kuliah Umum dibuka oleh Rektor UTU Prof Dr Ishak Hasan, M.Si dengan menghadirkan narasumber utama yakni Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed., Direktur Sumber Daya, Ditjen Diktiristek, Kemendibudristek.

Rektor Prof Ishak Hasan dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Dirjend Sumberdaya Dr. Mohammad Sofwan Effendi. Rektor menyebutkan peran Dr. Mohammad Sofwan sangat besar dalam pengembangan Universitas Teuku Umar khususnya dalam hal pembangunan Infrastruktur. kedepan Rektor berharap agar UTU terus mendapat perhatian dan pembinaan dari Kemendikbudristek sehingga mampu bersaing dengan berbagai kampus ternama lainnya di Indonesia.

“Terutama kami berharap dukungan dari bapak Dirjend dalam hal pengembangan sumber daya manusia di UTU baik peningkatan kapasitas dosen, pengembangan organisasi dan lainnya,” harap Rektor

Kuliah Umum ini diikuti oleh para pimpinan dilingkungan UTU, Dosen dan ratusan mahasiswa dari berbagai program studi lingkup UTU.

Sofwan memaparkan Dosen bermutu adalah juga berkontribusi untuk pengembangan mutu Perguruan Tinggi dan kologial profesional organisasi. bukan hanya mementingkan diri sendiri dan mengabaikan pengembangan secara kelembagaan.

“Perguruan Tinggi yang baik mampu mewujudkan misi deferesiansi dan berkontribusi untuk nilai sosial ekonomi budaya masyarakat sekitarnya,” Jelas Sofwan

Selain itu, Sofwan juga menyoroti kecukupan dan penguatan SDM PT hal yang mutlak dilakukan berkelanjutan. Penilaian Dosen akan diperkuat dengan komponen non-akademik.

Dalam pengembangan visi UTU sebagai sumber inspirasi dan referensi dalam bidang agro marine industry harus bermitra dgn PT lain, pihak industry secara nasional dan internasional dengan membuat konsorsium PT agro dan marine sciences.

Kementerian juga memberikan peluang besar kepada Perguruan Tinggi untuk mengontrak lebih banyak dosen Praktisi. “Dosen praktisi yang dikontrak akan dibayar oleh dirjen dikti dan tidak akan mengurangi nilai BKD para dosen tetap PT,” jelas Sofwan

Dirjen SDM juga mendorong UTU untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas dalam program MBKM. “MBKM harus dikembangkan secara kuantitas dan kualitas serta perlu dikembangkan oleh UTU,” jelasnya

Lanjutnya, UTU harus memperkuat manajemen internal untuk selaras sinergi kolaborasi dengan dosen dan tendik sebagai bagian integral (LIVES) dari Perguruan Tinggi sehingga memiliki motivasi untuk maju bersama.

Kuliah Umum yang dipandu oleh Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Veni Nella Syahputri turut dihadiri oleh Rektor Unimal, Prof Dr Herman Fithra, S.T., M.T., IPM. Asean.Eng. Adapun unsur pimpinan UTU yang hadir adalah Wakil Rektor I UTU Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc, Wakil Rektor II Prof. Dr. Nyak Amir, M.Pd. Ketua DWP UTU Ny. Emiwati Ishak, para Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi, Kepala UPT, para Koordinator Pusat Kelembagaan, Koordinator Pokja, dan sejumlah dosen serta pengurus DWP UTU. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).