MEULABOHUTU | Masa penerima mahasiswa baru pada Perguruan Tinggi Negeri untuk tahun 2024 akan segera berlangsung. Universitas Teuku Umar (UTU) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Aceh juga sudah merilis daya tampung mahasiswa baru untuk tahun 2024.

Pada proses penerimaan mahasiswa baru tahun 2024, UTU membuka seleksi dalam tiga jalur masuk melalui Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Adapun jalur penerimaan yang dibuka yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan jalur mandiri.

Dikutip dari SK Rektor No 48/UN59/DT.01/2024 tentang penetapan daya tampung awal penerimaan mahasiswa baru, daya tampung UTU 2024 yang tersedia yakni sebanyak 2.760 mahasiswa.

Dalam Keputusan Rektor itu disebutkan sebanyak 23 prodi S1 UTU dengan rincian 40 persen mahasiswa baru diterima dari jalur SNBP (1104 Mahasiswa), kemudian 50 persen dari jalur SNBT (1380 mahasiswa) dan 10 persen dari ujian mandiri (276 mahasiswa).

Prodi Ilmu Administrasi Negara, prodi Komunikasi dan Prodi Manajemen menjadi prodi dengan daya tampung terbanyak di UTU untuk jalur SNBP 2024. Ketiga Prodi ini akan menerima masing -masing 80 mahasiswa baru dari total 200 daya tampung tahun 2024.

Posisi kedua prodi daya tampung terbanyak adalah Hukum dengan kuota 75 orang. Daya tampung seluruhnya tahun 2024 adalah 250 orang.

Rektor Universitas Teuku Umar Prof Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si kepada media ini menjelaskan, UTU mengundang talenta unggul dari seluruh penjuru tanah air mulai dari Aceh sampai Papua untuk mendaftar ke kampus yang terletak di Aceh Barat ini.

“Kami menghimbau kepada adik-adik yang akan mendaftar ke UTU untuk selalu mengikuti informasi resmi. Selain di laman SNPMB, informasi penerimaan UTU selalu disampaikan melalui website dan media sosial resmi UTU,” kata Prof Ishak Hasan

Lanjutnya, pendaftaran SNBP sudah dibuka mulai hari ini yaitu14 -28 Februari 2024, kemudian pengumuman calon mahasiswa yang lolos SNBP di UTU pada 26 Maret 2024,” katanya.

Humas Universitas Teuku Umar secara berkala akan memberikan informasi melalui media sosial seperti melalui IG @kampus_utu dan website https://utu.ac.id/ sehingga diharapkan memberikan kemudahan bagi siswa melakukan konsultasi dalam menentukan pilihan program studi.

“Banyak siswa yang minim informasi mengenai pilihan program studi, termasuk kebingungan jika menemui kendala saat mendaftar. Pengalaman selama ini peran sekolah beserta guru dalam pendaftaran mahasiswa baru di jalur SNBP sangat penting,” lanjut Prof Ishak Hasan

Di jalur SNBP ini, lanjut Rektor yang dinilai adalah prestasi siswa dengan bobot 40 persen dan prestasi sekolah sebanyak 60 persen, sehingga guru yang paling paham rekam jejak siswanya dan bisa memberikan rekomendasi memilih program studi yang cocok bagi siswanya. Pungkas Prof. Ishak Hasan

Adapun rincian alokasi kuota calon mahasiswa baru Universitas Teuku Umar yaitu prodi Agribisnis sebanyak 120 orang, Prodi Agroteknologi sebanyak 100 orang, Prodi Teknologi Hasil Pertanian 120 orang, prodi Ekonomi Pembangunan sebanyak 70 orang, prodi Manajamen 200 orang dan prodi akuntansi sebanyak 180 orang.

Selanjutnya Prodi Ilmu Administrasi Negara sebanyak 200 orang, Prodi Ilmu Komunikasi sebanyak 200 orang, prodi Sosiologi sebanyak 120 orang, Prodi Ilmu Hukum sebanyak 180 orang. Berikutnya prodi Teknik sipil sebanyak 150 orang, prodi teknik mesin sebanyak 160 orang, prodi teknik Industri sebanyak 120 orang, prodi teknologi Informasi sebanyak 120 orang, prodi perikanan sebanyak 60 orang, prodi sumber daya akuatik sebanyak 40 orang, prodi Akuakultur sebanyak 40 orang, prodi ilmu kelautan sebanyak 40 orang, Prodi Kesehatan Masyarakat sebanyak 180 orang dan prodi gizi sebanyak 180 orang. (Aduwina Pakeh / Humas UTU)