MEULABOHUTU | Menghadapi era digital yang terus berkembang, para pengusaha dan calon wirausahawan diharapkan dapat memanfaatkan potensi besar yang ditawarkan oleh dunia digital. Menyadari pentingnya pengetahuan tentang hal tersebut, Inkubator Bisnis dan Teknologi (IBT) Universitas Teuku Umar menggelar seminar entrepreneurship. Acara ini dilaksanakan di Aula GKT, Kampus UTU, Jum’at (20/10/2023).

Seminar tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang cara membangun dan mengelola merek (brand) dalam lingkungan digital yang sangat kompetitif.

Mengusung tema “Membangun Branding Produk era Digital” IBT menghadirkan dua narasumber dan praktisi entrepreneurship terkenal yaitu Daudy Sukma, S.E., M.M, selaku founder dan CEO dari Minyek Pret, serta Zaky Zaljuhdi, selaku founder dan CEO dari Toko Kopi Kiri.

Wakil Rektor III Universitas Teuku Umar H. Ibrahim Laweung, SKM., M.NSc dalam sambutannya berharap seminar ini akan mengilhami semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan menghadirkan wawasan berharga dalam membangun bisnis di era digital yang terus berubah.

“untuk mendapatkan dan menciptakan peluang peluang baru dalam dunia wirausaha perlu ditumbuhkan jiwa wirausaha, jiwa enterpreneur. Selain dibekali ilmu wirausaha perlu didukung fasilitas sebagai wadah berwirausaha, juga dibutuhkan pengalaman langsung di dunia wirausaha,” kata H. Ibrahim Laweung.

Daudy Sukma seorang pengusaha sukses di bidang pemanfaatan minyak atsiri, berbagi pengalaman dan pengetahuannya selama 10 tahun dalam mengelola dan membangun nilai dari perusahannya yaitu Minyek Preut.

Di sisi lain, Zaky Zaljuhdi memberikan panduan praktis berdasarkan pengalaman suksesnya dalam industri makanan dan minuman dengan daya saing tinggi, di dunia perkopian yang memiliki Kompetitor yang sangat banyak.

Hanif Muchdatul Ayunda, S.TP., M.Si selaku Korpus Inkubator Bisnis dan Teknologi UTU mengungkapkan tujuan seminar ini adalah agar mahasiswa dapat merubah pola pikirnya, yang awalnya dari pekerja menjadi pengusaha.

“Kegiatan ini sekaligus memotivasi mahasiswa untuk memulai usaha sejak dini, agar mahasiswa dapat mengetahui tips-tips dari pelaku bisnis dalam menghadapi permasalahan dunia usaha serta agar dapat memberikan pengetahuan tentang cara membidik peluang bisnis,” ungkap Hanif dalam rilis yang diterima, Minggu (21/10/2023).

Selain itu, acara ini diharapkan menjadi peluang berharga bagi para peserta untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang bagaimana memanfaatkan teknologi dan strategi branding terkini dalam dunia bisnis.

Dengan dukungan dari Inkubator Bisnis dan Teknologi (IBT) UTU, mahasiswa dan calon wirausahawan dapat memperluas wawasan mereka dan mendapatkan inspirasi untuk mencapai kesuksesan dalam era digital yang dinamis. (Humas UTU).