MEULABOHUTU | Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Universitas Teuku Umar duduki peringkat ketiga sebagai Prodi IAN dengan Sinta Score tertinggi di Indonesia untuk program Sarjana Strata 1. Merujuk pada laman Sinta atau Science and Technology Indeks, per November 2023, nampak Prodi IAN UTU unggul dengan perolehan skor 4,632.

Nodi Marefanda, M.A.P selaku ketua Prodi IAN UTU mengaku sangat bangga akan perolehan hasil tersebut. Menurutnya, hal ini merupakan salah satu aksi nyata Prodi IAN exis dalam meningkatkan kualitas, baik kualitas prodi maupun institusi perguruan tinggi.

“Jadi itu perannya sangat tinggi bagi proses peningkatan kualitas dan perangkingan dari perguruan tinggi di Indonesia,” ucap Nodi saat dikonfirmasi Humas UTU, pada jumat (17/11/2023).

Lebih lanjut, Ia mengatakan sinta score adalah hasil penilaian dari riset para dosen yang mana riset tersebut pasti sangat bermanfaat bagi dunia industri maupun untuk kemajuan bangsa Indonesia. Sehingga, sambung Nodi, hal ini menjadi motivasi tersendiri untuk terus meningkatkan riset-riset di lingkungan Prodi IAN UTU.

“Pencapaian tersebut dapat diraih berkat keaktifan dosen-dosen IAN UTU melakukan publikasi dalam bentuk buku, hak cipta, dan artikel penelitian, serta semangat mewujudkan program studi Ilmu Administrasi Negara yang unggul,” pungkas Nodi

Berdasarkan data pada laman https://sinta.kemdikbud.go.id/departments?q=Ilmu+administrasi+negara yang diakses pada hari Jumat, 17 November 2023, program studi IAN UTU meraih 4,632 Sinta Score Overall dan 2.994 Sinta Score 3Yr. Dengan perolehan score tersebut, prodi IAN UTU berhasil menempati Peringkat ketiga Sinta Score Overall menyusul prodi Ilmu Administrasi Publik Universitas Riau dengan score 5,823 dan prodi Administrasi Publik Universitas Nasional Veteran Jawa Timur dengan score 5,771 diperingkat 2 dan 1.