MEULABOHUTU | Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Jasa Konstruksi Wilayah 1 Aceh bersama Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar menfasilitasi kegiatan Pembekalan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Vokasional Bidang konstruksi. Kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai dari 25-27 Maret 2024 yang bertempat di Aula Cut Nyak Dhien Gedung Terintegrasi Universitas Teuku Umar.

Cendera Satya Ganda selaku ketua panitia pelaksana dari BJKW 1 menyampaikan bahwa dasar penyelenggaraan Undang-Undang no 2 Tahun 2017 tentang jasa Konstruksi. Dalam kegiatan ini diikuti oleh 125 mahasiswa Teknik, lulusan/alumni dan fresh graduate dari berbagai Prodi yang ada di Lingkup Fakultas Teknik UTU. Untuk jenjang yang dikuti terdiri dari level 2 Tukang Las Listrik, Level 4 untuk Gambar Bangunan Gedung, Level 6 untuk Pengawas Pekerjaan Struktur Bangunan Gedung dan Manager Pelaksana Pekerjaan Bangunan Gedung.

Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Irwansyah, S.T., M.Eng., IPM dalam kesempatannya menyampaikan bahwa kegiatan uji sertifikasi Kompetensi ini sangat penting bagi mahasiswa aktif dan lulusan Fakultas Teknik karena dapat memberikan wawasan bagi mahasiswa dan lulusan menuju dunia kerja.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk salah satu Capaian Indeks Kinerja Utama (IKU) 1 Kompetensi Lulusan. Kegiatan ini diharapkan dapat terus dijalan antara BJKW 1 Aceh dengan fakultas Teknik demi pencapaian kompetensi lulusan dimasa mendatang.

“Uji Kompetensi ini juga nantinya akan memberikan pengakuan bahwasanya mahasiswa sudah layak memperoleh Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SKPI) sebagai modal kerja kedepan, jadi bukan hanya ijazah saja namun membutuhkan sertifikasi kompetensi sebagai bukti keterampilan,” ujar Dekan

Kepala Jasa Konstruksi wilayah (BJKW) I Banda Aceh diwakili oleh Frans Hardie Siswoyo mengatakan meningkatkan kemampuan SDM bidang jasa konstruksi yang berkelanjutan sangat diperlukan melalui uji sertifikasi dan kompetensi. Maksud penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk peningkatan kemajuan SDM bidang konstruksi yang berkelanjutan agar menghasilkan SDM yang produktif dan kompeten.

Kegiatan ini sangat penting mengingat peluang kerja disektor jasa konstruksi baik di level Nasional maupun Regional cukup potensial dan memiliki prospek khususnya di Provinsi Aceh. “Inovasi-inovasi teknologi dalam berbagai bidang hanya dihasilkan oleh SDM yang memiliki visi, kompetensi, dan keunggulan”, ujarnya.

Sementara itu Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M. Si dalam pembukaannya menyampaikan bahwa unsur pimpinan akan terus mensupport kegiatan-kegiatan yang dapat memberi capaian terhadap IKU khususnya Kompetensi Lulusan.

“Kita harus siap dengan kemajuan di bidang teknologi konstruksi, dimana mahasiswa harus berada di garis terdepan untuk menciptakan perubahan dengan inovasi-inovasi teknologi yang terus berkembang tiap tahunnya. Culture Displine dan Inovation harus kita miliki, karen tanpa inovasi kita akan jauh tertinggal dari bangsa lain,” Kata Rektor.

Rektor berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan pembekalan dan uji kompetensi ini agar memperoleh sertifikat kompeten yang akan menjadi bekal menghadapi dunia kerja. (Humas UTU).