MEULABOHUTU  | Sebanyak 10 orang asesor dari Tempat Uji Kompetensi (TUK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar mengikuti kegiatan Upgrading yang diadakan di Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Senin (15/1/2024) lalu.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan dan juga mengupdate perkembangan terbaru terkait uji kompetensi. Kegiatan diawali dengan pembukaan dan sambutan dari Dekan FKP USK dan Direktur LSP-KP (diwakili oleh master asesor Ibu Utami Widiasih).

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan master asesor tentang peta kelompok pekerjaan. Peserta upgrading berasal dari USK, UTU dan SUPM Ladong, dengan total peserta sebanyak 30 orang. Setelah ISHOMA kegiatan dilanjutkan dengan penyusunan perangkat asesmen versi 2023.

Peserta dibagi kelompok berdasarkan bidang ahli asesor, yaitu kelompok budidaya perikanan, penangkapan ikan, mesin kapal, penyuluhan, konservasi dan EAFM. Setiap kelompok diberikan tugas untuk menyusun APL 01, APL 02, MAPA 01, MAPA 02 dan penyusunan instrumen asesmen.

Pada akhir kegiatan, hasil kerja kelompok diperiksa oleh master asesor. Semua asesor TUK FPIK UTU yang hadir berhasil mendapakatkan sertifikat upgrading dan sertifikat ini diperlukan untuk kegiatan RCC kedepan.

Dekan FPIK UTU, Dr. Ir. Ismail Sulaiman, S.TP, Maitrise, M.Sc, IPU yang juga hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada seluruh asesor yang mengikuti upgrading.

Alhamdulillah semua asesor dari TUK FPIK UTU lulus pada kegiatan upgrading ini, yang tentunya menjadi modal berharga bagi kinerja TUK FPIK UTU karena memiliki asesor yang update dan kompten. “Saya berharap kepada asesor untuk terus meningkatkan soft skill, selain untuk uji kompetensi juga bisa diterapkan kepada anak didik, mengingat asesor juga dosen di FPIK UTU” Ujar Dr. Ismail.