MEULABOHUTU | Tiga mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) lolos ke kompetisi tingkat Nasional University Debating Championship (NUDC) tahun 2023. Tim UTU berhasil menjadi wakil Aceh setelah berhasil unggul dalam kompetisi wilayah yang diselenggarakan oleh LLDIKTI XIII Aceh beberapa waktu lalu.

Mereka adalah Lilis Sartika dan Cut Annisa dari Prodi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) serta Irza Yunita dari Prodi Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK).

Adapun National University Debating Championship (NUDC)  tingkat nasional ini akan dimulai pada 5-12 Juni 2023. Kompetisi bakal digelar luring di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang, Provinsi Banten.

Ajang talenta NUDC 2023 diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) bekerja sama dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. NUDC menyasar semua mahasiswa aktif Program Sarjana atau Diploma di perguruan tinggi yang terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti).

Melansir laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id, NUDC merupakan ajang debat bergengsi generasi muda mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Ajang ini sudah berlangsung sejak 2008 dan setiap tahunnya menghasilkan delegasi Indonesia untuk World Universities Debating Championship (WUDC).

Koordinator Pusat Kurikulum dan Bahasa, Firman Parlindungan, Ph.D menyatakan bahwa tim NUDC perwakilan UTU sudah tampil dengan maksimal di proses seleksi tingkat wilayah. “Alhamdulillah karena usaha yang gigih dari anak-anak kita hingga mereka  berhasil meraih nilai maksimal dan lolos pada NUDC tingkat nasional. Semoga di tingkat nasional bisa tampil lebih baik lagi dan meraih juara,”ujarnya.

Lanjutnya, perlombaan ini membutuhkan wawasan yang luas. Kita dituntut untuk berpikir kritis dalam setiap mosi yang diperdebatkan. “Di sini tim debater harus membaca dan mendengar berbagai informasi baik isu lokal, regional, nasional, maupun internasional,” ujar Dr. Firman

Sementara itu, Wakil Rektor III UTU, Ibrahim, SKM., M.NSc, pada Minggu (4/6/2023), kepada Humas UTU mengatakan kesuksesan UTU mengirimkan tim debat Bahasa Inggris ke ajang kompetisi tingkat nasional patut disyukuri.

Prestasi yang diraih mahasiswa UTU itu sangat membanggakan karena membawa nama harum Universitas sekaligus bisa ikut mewakili Aceh.

“UTU juga merasa bersyukur karena capaian prestasi yang diraih mahasiswa menunjukkan latihan dan upaya sungguh-sungguh yang dilakukan selama ini bisa menghasilkan prestasi sekaligus menunjukkan kualitas pendidikan yang mampu bersaing dengan kampus lain,” katanya.

Tim UTU sebelumnya sukses mengukir prestasi pada kompetisi debat Bahasa Inggris (NUDC) tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) XIII Wilayah Aceh sehingga berhak tampil sebagai wakil Aceh pada kompetisi debat nasional.

Terkait dengan prestasi Tim Debat UTU, Ibrahim mengingatkan agar mahasiswa tidak merasa cepat puas dengan apa yang diraih.

Artinya, mahasiswa jangan sampai kehilangan fokus dan terlena dengan raihan prestasi karena pada ajang kompetisi tingkat nasional persaingan untuk meraih posisi terbaik akan sangat ketat.

Meski akan menghadapi tim-tim universitas ternama di Indonesia pada kompetisi debat nasional, namun tidak perlu pula merasa kehilangan rasa percaya diri.

“Tim Debat UTU saya harapkan, tetap memiliki keyakinan mampu bersaing dengan universitas lainnya di seluruh Indonesia,” katanya. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).