MEULABOHUTU | Dua Puluh Lima orang mahasiswa Universitas Teuku Umar International Student Mobility and Events (ISME) yang dilaksanakan di Kolej Sultan Alaeddin Suleiman Shah (KOSASS) Universiti Putra Malaysia (UPM).

Kegiatan student mobility yang dilakukan oleh 25 mahasiswa ini selain untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat merasakan pengalaman kegiatan perkuliahan di luar negeri, tetapi juga merupakan salah satu cara untuk mempererat hubungan antara UTU dan UPM.

Kegiatan ini berlangsung selama empat hari pada 6 – 15 Oktober 2024 lalu  dan selama menjalankan kegiatan ini, mahasiswa tersebut mengikuti berbagai kegiatan yang ada di KOSASS UPM. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh ke 25 mahasiswa tersebut adalah Academic Presentation, English Public Speaking, Memasak Antar Budaya, Futsal, dan pentas Seni serta kelas BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) di KOSASS UPM.

Pengetua KOSASS UPM Prof. Madya Dr. Amini Amir bin Abdullah dalam sambutannya pada acara pembukaan mengatakan, bahwa program student mobility merupakan program yang sudah direncanakan sejak lama dan baru sekarang bisa dilaksanakan. Menurut Prof. Madya Dr. Amini Amir, program student mobility merupakan program yang patut mendapat sokongan untuk terus dilaksanakan oleh kedua belah pihak.

“Kami merasa sangat senang, akhirnya program ini bisa dilaksanakan bersama Universitas Teuku Umar setelah sekian lama tertunda. Program Student Mobility ini sangat baik bagi mahasiswa kedua belah pihak, sebab mereka telah menjadi agen perubahan yang membawa misi budaya dan misi perdamaian bagi kedua negara Indonesia dan Malaysia,” terang Prof. Madya Dr. Amini Amir

Dikatakan oleh Prof. Madya Dr. Amini Amir juga, bahwa melalui program ini, mahasiswa akan banyak mendapatkan pengalaman menarik yang menambah wawasan dan keilmuan.

“Banyak pengalaman dan wawasan yang luas bagi mahasiswa yang terlibat dalam program ini, sebelumnya kami pun juga telah membawa mahasiswa dari UPM ke UTU dalam program yang sama di tahun 2023 lalu,” cakapnya.

Sementara itu, Rektor UTU Prof Dr Ishak Hasan, M.Si berharap banyak lagi kerjasama yang bisa dilakukan oleh kedua belah pihak, baik itu dalam bidang pengajaran, pengabdian kepada masyarakat maupun bidang penelitian.
“Hari ini kita sedang melaksanakan program pengembangan keilmuan dan pengalaman baik itu mahasiswa maupun bagi dosen. Hubungan timbal balik ini akan terus dilakukan setiap tahunnya,” kata Rektor

Lanjut Rektor, UPM sendiri merupakan salah satu universitas terbaik di Malaysia, oleh karena itu, kami berharap bahwa para mahasiswa dapat memperoleh pengalaman yang bermanfaat selama pelaksanaan kegiatan student mobility di KOSASS UPM.

Tujuan dari kegiatan tersebut, selain untuk menambah pengalaman para mahasiswa, juga berguna untuk memupuk rasa keberanian untuk tampil, serta memberikan kesempatan bagi para mahasiswa agar belajar hal-hal baru dari lingkungan yang berbeda.

Kegiatan student mobility yang dilaksanakan oleh ke-25 mahasiswa ini diharapkan dapat memotivasi dan memberikan manfaat yang lebih untuk terus berkembang, serta mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh selama di KOSASS UPM untuk kedepannya.

Selain itu, melalui kegiatan student mobility ini, mahasiswa juga diharapkan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman tambahan dalam hal berkomunikasi dengan orang-orang yang memiliki budaya yang berbeda dengan Indonesia.

Turut hadir dalam program ISME tersebut adalah Wakil Rektor III H. Ibrahim Laweung HS, SKM., MNSc, Kabiro Umum dan Keuangan Zulfirman, SE., M.Si, Kabiro AKPK Renaldi Iswan, ST., M.Sc, Kaprodi Bahasa dan Kebudayaan Inggris Refanja Rahmatillah, M.AppLing, serta dari KOSASS turut hadir Ketua Felo KOSASS: En. Ahmad Alfan Hidayat Ahmad Khalili. (Humas UTU).