MEULABOHUTU | Dalam sepekan terakhir, Universitas Teuku Umar bertubi-tubi mendapatkan khabar yang membahagiakan tentunya tentang prestasi yang diraih baik oleh dosen maupun mahasiswa. Teranyar, khabar tenyang lulusnya 19 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 bidang yang mendapatkan pendanaan dari Kemendikbudristek tahun 2023.

PKM merupakan ajang bergengsi yang diadakan oleh Kemendikbud Ristek. PKM diikuti oleh mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Pergutuan Tinggi Swasta (PTS) di seluruh Indonesia.

Atas keberhasilan para mahasiswa meningkatkan prestasinya tersebut tentu ada peran dosen yang membimbing, menuntun dan mengarahkan sehingga para mahasiswa mampu menyusun proposal mengikuti kaedah atau pedoman yang ditentukan oleh Dikti.

Berikut ini 11 dosen pembimbing yang telah berhasil mengantarkan 19 tim mahasiswa meraih pendanaan dari Kemendikbudristek, yaitu

1. Yuhdi Fahrimal, S.I.Kom., M.I.Kom yang berhasil membimbing 4 tim PKM dari berbagai Prodi yaitu Yusril Sahendra (Ilmu Komunikasi), Shinta Rizki Amanda (Ilmu Komunikasi), Nuri (Ilmu Komunikasi) dan Siti Arafah Carolina (Prodi Gizi).

2. Fazril Saputra, S.Kel., M.Si yang berhasil membimbing 3 tim PKM dari Prodi Akuakultur masing-masing yaitu Irna Martisa, Rafi Zahtul dan Indah Purnama Sari.

3. Afrizal Hendri, S.Pi., M.Si yang berhasil membimbing tiga  tim PKM yaitu dari Prodi Akuakultur atas nama Siti Halimah dan Aris Yusdi serta dari Prodi Perikanan atas nama Hermia Salfika.

4. Safrida, S.Sos., M.A.P dari Prodi Ilmu Administrasi Negara yang telah brhasil membimbing 2 tim PKM yaitu Anggraini Amelia dan Cut Annisa Fitriani.

5. Ir Meylis Safriani, ST., MT dari Prodi Teknik Sipil dengan ketua tim PKM Rifan Muliadi.

6. Yusran Ibrahim, S.Pi., M.Si dari Prodi Akuakultur dengan ketua tim PKM Arya Gading Harahap.

7. Adelina Irmayani Lubis, SKM., MKM dari Prodi Ilmu Gizi dengan ketua tim PKM Genta Abiem Alfarizi.

8. Danvil Nabela, SKM., MKM dari Prodi Kesehatan Masyarakat dengan ketua tim PKM Diah Anisah Syahfitri

9. Dr. Muhammad Jalil, S.P., M.P dari Prodi Agroteknologi dengan ketua tim PKM adalah Muetia Marsella.

10. Masykur, S.pd,. MT dari prodi Teknik Mesin dengan ketua tim PKM adalah Defri yansyah.

11. Alfian Anas S.E., M.Com, Ph.D dari prodi Manajemen dengan ketua tim PKM adalah Wanda Ramadhani

Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan Alumni  Universitas Teuku Umar, Ibrahim, SKM., M.NSc mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada tim PKM yang berhasil lolos pendanaan. Selamat kepada para mahasiswa juga kepada para dosen yang aktif membimbing mahasiswa sehingga berhasil lulus PKM tahun 2023.

Pimpinan selalu mendukung perjuangan mahasiswa, dan semoga seluruh tim PKM UTU yang berhasil meraih pendanaan untuk lolos ke ajang PIMNAS kedepan. “Agar hal itu tercapai, seluruh tim PKM yang berhasil lolos harus segera mengatur strategi dengan dosen pembimbing sehingga seluruh program kerja dapat terlaksana dengan baik.” Harap Ibrahim

Sekali lagi kami pimpinan mengucapkan selamat kepada mahasiswa dan dosen pembimbing yang judul PKMnya lolos seleksi dan meraih pendanaan. Dan bagi mahasiswa yang judulnya belum lolos pendanaan jangan berkecil hati karena kalian secara tidak langsung telah memperoleh suatu kebanggaan yang luar biasa karena telah ambil bagian dalam perjuangan tim sehingga lolos seleksi internal dan berhasil submit ke sistem program PKM.

“Jangan berkecil hati, terus hasilkan karya dan inovasi sehingga tahun depan judul PKM yang dibuat dapat lolos pendanaan. Dan bagi mahasiswa yang lain jadikan prestasi kawan kalian ini menjadi dorongan atau motivasi untuk terus berkarya tidak hanya di PKM tapi juga di prestasi yang lain baik lokal, nasional dan internasional,” ujar Wakil Rektor III saat dihubungi tim Humas UTU.

Sementara itu, Korpus PKM Yarmaliza, SKM., M.Si menyampaikan pihaknya akan segera melakukan langkah-langkah lanjutan untuk mendukung tim PKM UTU terutama menyangkut administrasi dan lain-lain.

“Support system sangat penting, maka dari itu pusat PKM akan segera membuat pertemuaan dengan seluruh tim PKM dan dosen pembimbing, agar pelaksanaan program PKM tidak terkendala di lapangan,” pungkasnya.  (Aduwina Pakeh / Humas UTU).