MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar bersama Universiti Teknologi Malaysia (UTM) resmi menandatangani Letter of Intent (LoI) untuk memperkuat kolaborasi akademis di Asia Tenggara.

Penandatanganan kerjasama dilakukan Rektor Universitas Teuku Umar Prof Dr Ishak Hasan, M.Si dan Naib Cancelor UTM YBhg. Prof. Datuk Ir. Ts. Dr. Ahmad Fauzi Bin Ismail di sela Kunjungan kerja rombongan UTU ke Kampus UTM di Johor Bahru, Malaysia, Selasa (8/10/2024). 

Prof Ishak Hasan menyampaikan kerja sama ini membuka peluang baru dalam riset dan pengembangan antara kedua institusi. Kerja sama ini juga mencerminkan tekad bersama menciptakan proyek penelitian inovatif yang dapat mengatasi tantangan global.

Kerja sama ini tidak hanya berfokus pada inovasi akademis, tapi juga pada dampak sosial dari penelitian yang dihasilkan. Sebagai, kampus yang berfokus pada Agro and Marine Industries di ujung barat Indonesia, kami berambisi memanfaatkan kemitraan ini dalam meningkatkan cakupan penelitian dan inovasi, serta menyebarkan manfaatnya kepada mahasiswa dan masyarakat,” ungkap Prof Ishak, Minggu (13/10).

Rektor menambahkan dengan kerja sama ini, kedua perguruan tinggi mengukuhkan komitmennya untuk saling mendukung dalam berbagai bidang akademik.

“Khususnya, dengan terus berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan membangun jaringan kolaboratif yang kuat di tingkat internasional,” pungkasnya. 

Kolaborasi dan kemitraan Internasional merupakan sebuah keharusan yang harus dilakukan perguruan tinggi. Adanya kolaborasi akan mempercepat internasionalisasi kampus. Karena universitas tidak bisa maju sendiri, kolaborasi memungkinkan universitas untuk bergerak lebih jauh.

Turut hadir dari UTU menyaksikan penandatanganan MoU tersebut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ibrahim, S.K.M., MNSc, Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Irwansyah, S.T., M.Eng. IPM, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Zulfirman, SE., M.Si dan Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama, Renaldi Iswan, ST., M.Sc.

Sementara itu dari pihak UTM Malaysia memberikan apresiasi kepada Universitas Teuku Umar yang telah membuka kesempatan untuk menjalin kerjasama. Diharapkan kerjasama ini dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat memberikan manfaat untuk masing-masing universitas. (Aduwina Pakeh / Humas UTU)