MEULABOHUTU  | Universitas Teuku Umar berkomitmen terus memperkuat jaringan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi baik di dalam bahkan luar negeri. Terbaru UTU menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM), di Kampus UTeM Malaka, Selasa (08/10/2024) lalu.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Prof Dr. Ishak Hasan, M.Si bersama Naib Cancelor Y.Bhg. Prof. Datuk Ts. Dr. Massila binti Kamalrudin. Turut hadir dari UTU menyaksikan penandatanganan MoU tersebut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ibrahim, S.K.M., MNSc, Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Irwansyah, S.T., M.Eng. IPM, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Zulfirman, SE., M.Si dan Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama, Renaldi Iswan, ST., M.Sc.

Kolaborasi dan kemitraan Internasional merupakan sebuah keharusan yang harus dilakukan perguruan tinggi. Adanya kolaborasi akan mempercepat internasionalisasi kampus. Karena universitas tidak bisa maju sendiri, kolaborasi memungkinkan universitas untuk bergerak lebih jauh.

Rektor UTU, Prof Ishak Hasan mengungkapkan penandatanganan nota kesepahaman tersebut merupakan komitmen UTU untuk melebarkan sayap kerjasama tidak hanya dengan perguruan tinggi didalam negeri. Melainkan UTU juga menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi internasional.

“Melalui MoU ini dapat terjalin kerjasama pada bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian. Terutama joint research dan joint seminar internasional,” kata Prof Ishak Hasan

UTeM merupakan salah satu universitas teknik terbaik di Malaysia. Rektor mengatakan dengan dilakukannya penandatanganan MoU dan MoA tersebut, peluang kerjasama khususnya untuk jurusan teknik antar kedua universitas bisa lebih terbuka.

“Dengan penandatanganan MoU ini banyak kesempatan untuk jurusan teknik khususnya engineering untuk bekerja sama. Akan tetapi, kerjasama yang dijalin tidak hanya sebatas dalam bidang teknik saja. Karena universitas ini (UTeM) tidak hanya fokus dalam bidang pengembangan teknologi, namun juga dalam bidang kemanusiaan,” jelas Prof Ishak.

Dikatakannya selama ini UTU aktif bergerak membangun kerja sama dengan berbagai pihak, baik didalam negeri maupun diluar negeri untuk menunjang peningkatan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.

Adapun beberapa potensi bidang kerja sama yang disepakati bersama mencakup student exchange, staff exchange, pertukaran informasi dan publikasi, penelitian bersama, program pengajaran, seminar/konferensi bersama, serta pengawasan mahasiswa secara bersama. Oleh karena itu, kerja sama ini memungkinkan UTU untuk mengirimkan tenaga pengajarnya ke UTeM untuk riset ilmiah, dan begitu pula sebaliknya.
“Dengan kerjasama ini kita berencana melakukan joint research dan joint seminar internasional, serta pendidikan lanjut untuk para dosen,” jelasnya.

Prof Ishak Hasan mengungkapkan hingga saat ini UTU telah menjalin kerja dengan berbagai pihak mitra dan stakeholder untuk bersama-sama mengembangkan pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Humas UTU