Meulaboh, UTU – Sebanyak 50 orang mahasiswa Teknik Mesin UTU mengikuti pelatihan Software Computer-Aided Design (CAD) 3D yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Teuku Umar (HMM-UTU). Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 4 sampai dengan 6 Oktober 2024, dengan tujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang desain.

Pada sesi pembukaan di Aula Cut Mutia Kampus UTU, dihadiri oleh Ketua Jurusan Teknik Mesin Dr. Pribadyo, ST., MT, Ketua BEM FT dan Ketua DPM FT juga para Ketua-ketua Himpunan Jurusan yang ada di Fakultas Teknik. Pelatihan dibuka oleh Wakil Dekan I FT UTU Ibu Ir. Cut Suciatina Silvia, ST., MT., IPM. Dalam sambutannya ibu Cut Suciana menyampaikan apresiasi atas terlaksananya pelatihan Auto CAD, dimana pelatihan ini merupakan upaya untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi tantangan industri 4.0.

Selain itu dengan pelatihan ini diharapkan para peserta nantinya dapat menerapkan ilmunya yang didapat hingga akhir perkuliahan di Teknik Mesin serta dapat mengaplikasikan softwrae Auto CAD dengan lancar karena software Auto CAD akan terus digunakan selama perkuliahan dan bahkan sampai waktu Tugas Akhir nantinya, ujar Ir. Cut Suciatina.

Sementara itu, Iskandar selaku ketua HMM UTU menyampaikan bahwa pelatihan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, dimana para peserta diberikan materi yang meliputi pengenalan dasar CAD 3D, pembuatan desain menggunakan perangkat lunak CAD dalam hal ini menggunakan Fusion 360 yang dibimbing langsung oleh Bapak Syurkarni Ali, ST., MT., CIIQA yang sangat kompeten dalam bidang ini.

Dalam pelaksanaannya selama pelatihan berjalan para peserta mengikuti sesi-sesi pelatihan dengan antusias, memanfaatkan kesempatan untuk berdiskusi dan bertanya kepada instruktur berpengalaman. Salah satu peserta mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat dan menambah keterampilannya dalam bidang desain. “Kami sangat berterima kasih kepada panitia dan instruktur yang telah memberikan pelatihan ini. Pada akhir pelatihan, nantinya para peserta diberikan sertifikat sebagai bukti keahlian mereka dalam bidang CAD 3D.

Dengan terselenggaranya pelatihan ini, Dr. Pribadyo, ST., MT, berharap agar para mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh dalam proses pembelajaran di perkuliahan. “Kami berharap pelatihan ini dapat memberikan dampak positif bagi mahasiswa khususnya di Prodi Teknik Mesin dan sebagai bekal bagi mahasiswa untuk lebih siap menghadapi dunia kerja nantinya,” tutup Dr. Pribadyo (AP)