MEULABOHUTU | Dalam rangka memperluas jaringan kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), Program Studi Teknik Mesin Universitas Teuku Umar (UTU) menjalin kerjasama dengan PT Riztia Karya Mandiri (PT. RKMA). PT. RKMA adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri pengolahan minyak kelapa sawit (PMKS).

Kerjasama antara Prodi Teknik Mesin dan PT. RKMA dituangkan dalam naskah perjanjian kerjasama yang ditandatangani oleh Ketua Program Studi Teknik Mesin Dr. Pribadyo, ST., MT dan Ir. Kahiril Ansar, MT selaku Manager Opreasional PT RKMA. Penandatanganan naskah perjanjian kerjasama dilaksanakan pada hari Selasa (1/10/2024) bertempat di ruang rapat PT. RKMA, di kawasan Kuta Tinggi, Kecamatan Simpang Kanan, Aceh Singkil, Provinsi Aceh.

Maksud dari perjanjian kerjasama ini adalah untuk menyelaraskan program pemerintah dalam pengembangan kegiatan bidang pendidikan dan penelitian antara pihak perguruan tinggi dan pihak industri. Diantaranya adalah praktek magang mahasiswa regular dan magang mahasiswa selama satu semester dalam rangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Program dari Kementerian Pendidikan. Kebudayaan, Riset dan Teknologi terkait MBKM sangat bermanfaat dimana mahasiswa bisa berkesempatan untuk belajar di luar kampus mempraktekkan ilmunya. Sehingga harapannya ada efisiensi dari lulusan perguruan tinggi dalam beradaptasi dengan dunia kerja, ujar Ketua Prodi Teknik Mesin UTU, Dr. Pribadyo, ST., MT dihadapan Ir. Khairil Ansar, MT, Manager Operasional PT. RKMA beserta staff.

Sebagai salah satu bentuk implementasinya, kerjasama ini diawali dengan memberikan kesempatan magang kepada 4 (empat) orang mahasiswa prodi Teknik Mesin dan akan menempatkan pembimbing lapangan dan pembimbing praktek yang akan memiliki tugas untuk memberikan orientasi peserta didik pada peraturan yang berlaku di perusahaan, merencanakan model bimbingan yang sesuai bagi peserta didik, menyusun program kegiatan untuk peserta didik meliputi peningkatan pengetahuan, keterampilan dan perubahan sikap, dan melakukan evaluasi pada peserta didik selama proses bimbingan dan membuat laporan tentang penilaian peserta.

Selain terkait dengan kegiatan magang mahasiwa, kerjasama juga terkait dengan kerja praktek, penelitian bersama dalam rangka tugas akhir maupun dalam kerangka proyek penelitian bersama yang melibatkan mahasiswa. Dan juga kolaborasi dalam bidang penelitian yang melibatkan tim dari PT. RKMA maupun dari Prodi Teknik Mesin UTU.

Dikonfirmasi secara terpisah Dekan Fakultas Teknik UTU Dr. Ir. Irwansyah, ST., M.Eng., IPM mengucapkan rasa terimaksihnya atas kesempatan yang telah diberikan oleh pihak perusahaan yang dalam hal ini PT. RKMA untuk dapat melaksanakan magang bagi mahasiswa prodi Teknik Mesin.

Dr. Irwansyah menambahkan bahwa kegiatan ini bersumber dari dana Liga Prodi UTU dimana Prodi Teknik Mesin mendapatkan pendaan yang salah satunya dialokasikan dalam bentuk program pemagangan. Harapannya kerjasama ini dapat menguntungkan kedua belah pihak. Dari PT RKMA diuntungkan karena beberapa kegiatan di perusahaan bisa ditangani oleh mahasiswa magang. Demikian juga dari pihak perguruan tinggi diuntungkan dengan adanya kegiatan magang, dimana mahasiswa bisa mempraktekkan ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan, imbuhnya (Humas UTU).