MEULABOHUTU | Ikatan Keluarga Alumni Universitas Teuku Umar (IKA)  menyatakan berkomitmen untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat Indonesia termasuk almamater melalui berbagai inovasi dan karya-karya yang dihasilkan.

Komitmen tersebut disampaikan Ketua Umum IKA UTU Arhammar Ridha, S.Sos., M.Sos pada Sabtu (21/9/2024) seusai menerima daftar sebanyak 611 alumni dari Rektor UTU Prof Dr. Ishak Hasan, M.Si disela-sela acara Wisuda ke-XVIII.

“Sebagai organisasi yang menghimpun alumni, kita siap bekerjasama untuk membangkitkan potensi alumni Universitas Teuku Umar. Kontribusi terhadap almamater dan juga kepada masyarakat,” kata Arham

Arham menjelaskan bahwa jumlah lulusan Universitas Teuku Umar terus meningkat tiap tahunnya. Tidak hanya perihal kuantitas namun, harapannya kualitas dari lulusan pun meningkat.
“Total alumni saat ini berjumlah 9.239 orang, dari jumlah tersebut  sebagian telah menjadi pejabat di beberapa daerah, bekerja di BUMN  dan menjadi pengusaha sukses. Ada sebahagiannya alumni UTU  lanjut studi ke jenjang S2 dan S3,” kata Arham

Alumni Prodi Ilmu Administrasi Negara ini mengatakan, setidaknya ada tiga peran penting yang dapat dilakukan oleh Alumni sebuah perguruan tinggi, yaitu alumni dapat berperan dalam memberikan masukan dan program nyata bagi kemajuan kampus, alumni bisa sebagai media untuk memperluas networking apapun (perusahaan, pemerintah, dan dunia bisnis), dan alumni dapat menjadi sumber informasi dunia kerja bagi lulusannya.

“kita akan memaksimalkan ketiga peran penting ini, untuk mendukung kemajuan Universitas Teuku Umar dalam rangka mewujudkan visi UTU sebagai sumber inspirasi dan referensi menuju world class University,” pungkas Arham.

Sementara itu, Rektor UTU Prof. Dr. Ishak Hasan dalam kesempatannya berpesan kepada para Alumni UTU untuk peka terhadap perkembangan lingkungan yang ada di masyarakat, dan peduli untuk ikut membangun dan memajukan lingkungan masyarakat dimanapun tempat kalian berada.

“Lulusan UTU juga harus peduli pada persoalan-persoalan sosial masyarakat yang ada, kemudian juga menjadi subjek dari setiap kemajuan-kemajuan yang terjadi, jadilah trendsetter dari setiap perubahan-perubahan yang ada, carilah inovasi-inovasi untuk berkreasi, serta menjadi pemimpin setiap perubahan yang ada,” lanjutnya.

Lanjutnya, Alumni adalah duta kampus, hubungan struktural formal antara UTU dengan wisudawan sudah berakhir ketika wisuda dilaksanakan, namun hubungan alumni dengan UTU adalah selamanya sebagai mitra. “Didalam pembelajaran tri dharma perguruan tinggi alumni merupakan salah satu komponen yang sangat penting tidak ada perguruan tinggi di dunia ini yang maju tanpa peran alumni,” ungkapnya.

“Atas nama pimpinan dan seluruh civitas akademika UTU mengucapkan selamat kepada wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan di UTU, selamat dan sukses menyertai perjalanan Anda selanjutnya,” pungkas Prof. Ishak Hasan. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).