MEULABOHUTU | Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar mengadakan rapat terpadu dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi visitasi sertifikasi ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018 yang rencana akan dilaksanakan pada Tanggal 22-23 Oktober 2024. Rapat ini berlangsung di ruang Rapat Senat Universitas Teuku Umar, Selasa, 17 September 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran pimpinan fakultas, termasuk Dekan, Wakil Dekan, Pimpinan Prodi, kepala Laboratorium, tim jaminan mutu, koordinator Akademik dan Kemahasiswaan, Koordinator Umum dan Keuangan, dan tim pengawas klausul lingkup Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar (FT-UTU).

Rapat ini bertujuan untuk memastikan kesiapan seluruh unit kerja dalam optimalisasi visitasi standar internasional dan bagaimana organisasi mempersiapkan diri dan Meningkatkan pemahaman tim terkait proses audit. Sertifikasi ISO 9001:2015 menitikberatkan pada penerapan Sistem Manajemen Mutu di lingkungan fakultas, yang mencakup standar kualitas layanan, kepuasan mahasiswa, serta efektivitas proses akademik dan administratif.

Sementara itu, ISO 21001:2018 merupakan standar khusus untuk lembaga pendidikan, yang menekankan pada Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan (SMOP). Standar ini mengatur tata kelola yang baik, peningkatan kualitas pembelajaran, serta kepuasan stakeholder pendidikan, termasuk mahasiswa, dosen, dan masyarakat.

Dalam pembukaannya, Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Irwansyah, S.T., M.Eng., IPM menyampaikan bahwa persiapan yang matang sangat penting agar visitasi berjalan lancar dan komitmen kita untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan tata kelola fakultas. Dengan sertifikasi ini, kita berharap dapat memberikan layanan pendidikan yang terbaik dan sesuai dengan standar internasional,” ujarnya.

Selain itu, Dekan emnambahkan bahwa perlu adanya evaluasi jabatan fungsional dimana targetnya adalah zero AA (Asisten Ahli) dengan memberikan pendampingan untuk peningkatan SDM, Laboratorium juga harus emmeiliki agenda rutin diluar ekgiatan praktikum seperti adanya kegiatan pelatiha/workshop/training untuk laboran dan penggunaan alat-alat lab yang baru.

Rapat juga membahas langkah-langkah strategis yang telah diambil oleh tim penjaminan mutu, mulai dari perbaikan prosedur akademik dan administratif, hingga pelatihan bagi staf terkait implementasi sistem manajemen mutu dan pendidikan. Masing-masing ketua program studi diminta untuk melaporkan perkembangan persiapan di tingkat prodi, termasuk kesiapan dokumen, sistem, dan fasilitas yang diperlukan pada agenda rapat berikutnya dalam pelaopran progress persiapan.

Wakil Dekan I Bidang Akademik dan kemahasiswaan, Ir. Cut Suciatian Silvia, S.T.,M.T.,IPM menekankan pentingnya kolaborasi antara seluruh komponen fakultas/prodi dalam mempersiapkan visitasi ini. “Keberhasilan ini bukan hanya tugas dari tim penjaminan mutu, tapi melibatkan seluruh civitas akademika, mulai dari dosen, mahasiswa, hingga staf,” ujarnya.

Wakil Dekan II Bidang Umum dan Keuangan, Ir. Maidi Saputra., S.T.,M.T.,IPM juga menyampaikan mengenai kebuthan anggaran untuk laboratorium seperti penambahan rambu keselamatan di laboratorium, dan kebutuhan lainnya dapat diajukan, segera diusulkan agar pelaksanaannya dapat berjalan sesuai jadwal. “Pengelola laboratorium harus memastikan semua persyaratan, termasuk fasilitas keselamatan, tersedia dan berfungsi dengan baik. Anggaran untuk kebutuhan tersebut akan disesuaikan, asalkan diajukan sesuai prosedur”, tegasnya.

Rapat ini merupakan salah satu langkah konkret Fakultas Teknik dalam mengoptimalkan seluruh persiapan untuk menghadapi visitasi sertifikasi yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Fakultas optimis mampu meraih hasil yang diharapkan, sejalan dengan visi untuk meningkatkan mutu dan daya saing di tingkat internasional.

Diakhir rapat, Dekan FT menyampaikan bahwa langkah awal yang harus ditindaklanjuti adalah memastikan ketidaksesuaian hasil audit ISO tahun 2023 lalu dipastikan sudah ditindaklanjuti agar tidak menjadi temuan kembali ketika tim surveilance visitasi nantinya.

Kemudian memastikan poin cek untuk masing-masing unit kerja. Sehingga dengan persiapan yang matang, “Fakultas Teknik optimis mampu mencapai hasil maksimal dalam visitasi sertifikasi ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018, yang nantinya akan semakin memperkuat posisi fakultas sebagai institusi pendidikan teknik berstandar internasional”, imbuhnya. (Humas UTU).