2MEULABOH – UTU | Dosen Universitas Teuku Umar (Prodi Gizi dan Akuakultur) melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat,  Manutapen Kota Kupang pada Sabtu (4/5).

Kegiatan yang melibatkan 3 orang dosen yaitu Sri Wahyuni Muhsin, S.Si., MPH selaku ketua, Radhi Fadhillah, S.Pi., M.Si dan Rinawati S.PdI., M.Sc selaku anggota serta 2 orang mahasiswa tersebut, mengangkat tema ‘pelatihan bagi kader posyandu  terkait nutri-plan menu berbasis pangan lokal”.

Sri Wahyuni Muhsin kepada UTU News mengatakan kegiatan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader dalam membuat makanan tambahan untuk balita.

“Para kader sangat antusias dalam kegiatan ini. Mereka diajarkan cara membuat makanan tambahan antara lain puding dan churros yang sudah ditambahkan dengan daun kelor,” kata Sri Wahyuni Muhsin

Lanjutnya, kegiatan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan pengetahuan kader terkait stunting dan cara membuat makanan tambahan yang bervariasi dengan menambahkan pangan lokal.

Selama ini, para kader sudah memberikan makanan tambahan kepada balita dengan baik, tetapi belum bervariasi, sehingga kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan kader dalam membuat makanan tambahan yang bervariasi dengan menambahkan bahan baku pangan lokal.

Sri Wahyuni Muhsin juga menjelaskan bahwa kegiatan ini juga merupakan bagian dari hibah kompetisi nasional yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tahun 2024.

Sementara itu, Nurlaila selaku Ketua Kader Posyandu Ujung Kalak menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para kader dan berharap kegiatan ini akan berlanjut sehingga kader mendapatkan pendampingan terutama dalam hal pengolahan makanan tambahan yang variatif dengan menambahkan pangan lokal. (Humas UTU).