MEULABOHUTU | Salah seorang dosen Universitas Teuku Umar berhasil lolos sebagai reviewer Nasional untuk Program Pengembangan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) tahun 2024.

Ialah Yarmaliza, SKM., M.Si, Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar dinyatakan lulus dan ditetapkan sebagai Reviewer PPK Ormawa berdasarkan Keputusan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kemdikbudristek.

Yarmaliza merupakan satu-satunya dosen dari Perguruan Tinggi Negeri di wilayah Sumatera yang ditetapkan sebagai Reviewer PPK Ormawa bersama 12 orang dosen lain dari 9 Perguruan Tinggi di Indonesia.

Kepada Humas UTU, Yarmaliza menjelaskan bahwa ia telah menerima konfirmasi sebelumnya dari Ditbelmawa tentang proses seleksi Reviewer PPK Ormawa. “Alhamdulillah setelah proses seleksi di Ditbelmawa, akhirnya kiat berhasil lulus mewakili Universitas Teuku Umar,” kata Yarmaliza.

“Tentunya, kami sangat bersyukur diberikan kesempatan dan pengalaman, untuk menjadi reviewer nasional PPK Ormawa tahun ini. Semoga kami dapat melaksanakan tugas kami dengan maksimal” ucap Yarmaliza.

Lebih lanjut, Yarmaliza menyatakan bahwa, dengan terpilihnya sebagai reviewer PPK Ormawa tahun ini, maka kami selaku reviewer, akan diberikan tanggung jawab besar, sebagai pihak yang akan melakukan penilaian atas proposal PPK Ormawa yang telah di submit oleh peserta tahun ini.

Lanjutnya, ada 12 reviewer PPK Ormawa Tahun 2024 yang ditetapkan Ditbelmawa yaitu 2 orang dosen IPB University, 2 orang dari Universitas Pendidikan Indonesia, dan masing-masing satu orang dari kampus Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Makassar, Universitas Tidar, Universitas Udayana, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Islam Nusantara dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Khabar membanggakan ini mendapatkan atensi dan apresiasi dari Rektor UTU Prof Dr Ishak Hasan, M.Si. Rektor mengucapkan rasa syukur dan bangga, dengan lolosnya salah seorang dosen dari UTU sebagai reviewer nasional PPK Ormawa tahun ini. Tentunya, hal ini akan memberikan dampak positif bagi UTU kedepannya. Pengalaman yang didapat sebagai reviewer PPK Ormawa, nantinya dapat digunakan sebagai bahan perbaikan internal dan penyusunan strategi bagi UTU kedepannya, untuk mengikuti kegiatan PPK Ormawa di periode selanjutnya.

Terakhir, dalam pesannya, Prof Ishak Hasan juga mengharapkan, agar dosen UTU yang terpilih dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan maksimal, serta dapat menjadikan pengalaman ini, sebagai wadah untuk belajar sebanyak mungkin, agar ilmu yang didapat, kemudian dapat ditularkan kepada rekan-rekan UTU yang lain.

“Pengalaman Bu Yarmaliza sebagai reviewer nasional, akan menjadi sebuah momen yang baik untuk belajar sebanyak-banyaknya. Harapan saya, perolehan ilmu dan pengalaman tersebut, nantinya dapat menjadi pemicu dan strategi, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas proposal PPK Ormawa dari UTU kedepannya” ucap Prof Ishak Hasan. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).