MEULABOH – UTU | Bertempat di Aula Cut Meutia, Kampus UTU, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UTU, H. Ibrahim Laweung HS, AMK., SKM., M.NSc., mengukuhkan pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Komunitas Peradilan Semu massa tugas 2024-2025, Selasa, 01 September 2024. Pelantikan ini dihadiri oleh Chandra Darusman S, S.H., M.H., sebagai pembina UKM Komunitas Peradilan Semu, para pengurus, perwakilan Pemerintah Mahasiswa, dan undangan dari organisasi kemahasiswaan lingkup UTU.

Dalam sambutannya, Warek III UTU, Ibrahim mengapresiasi terbentuknya Komunitas Peradilan Semu (KPS) sebagai UKM baru di UTU. Warek III menyatakan bahwa terbentuknya UKM ini merupakan wujud antusiasem mahasiswa untuk berkembang dan terus belajar. Melalui UKM KPS ini H. Ibrahim Laweung HS berharap mahasiswa dapat aktif menghidupkan roda organisasi melalui pengembangan jaringan kolaborasi baik internal maupun eksternal.

“Kami sangat bangga melihat semangat dan dedikasi dari para mahasiswa yang tergabung dalam KPS. Ini adalah langkah penting dalam pengembangan keahlian praktis di bidang hukum, terutama dalam simulasi proses peradilan yang akan memperkuat pemahaman teori yang telah dipelajari di ruang kelas,” ujar H. Ibrahim Laweung HS.

Warek III juga menekankan pentingnya UKM KPS sebagai wadah pembelajaran hukum yang kritis dan aplikatif. Terlebih dunia hukum dewasa ini penuh dengan dinamika sehingga membutuhkan ketajaman analisa, sensitifitas rasa, dan keteguhan prinsip sehingga menghasilkan keputusan yang memiliki kepastian dan keadilan hukum.

“Melalui UKM KPS ini, Saya berharap mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan dalam argumentasi hukum, analisis kasus, dan berpikir kritis yang akan berguna ketika memasuki dunia kerja sebagai profesional hukum,” tambah Dia.

Ketua UKM KPS yang dilantik, Reta Safira, mengungkapkan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kepengurusan baru. Dia berjanji untuk menjalankan roda organisas secara profesional dan menunjukkan dedikasi tingi.

“Kami berkomitmen untuk membawa UKM KPS semakin maju dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang lebih inovatif dan edukatif, termasuk kompetisi peradilan semu tingkat regional dan nasional,” ungkap Reta.

Acara pelantikan ditutup dengan pengucapan sumpah jabatan seluruh pengurus UKM KPS dan penyerahan SK pengurus KPS oleh Wakil Rektor III UTU. Adapun UKM KPS massa jabatan 2024-2025 dipimpin oleh Reta Safira sebagai Ketua Umum, M. Khadafi sebagai Wakil Ketua, Intan Nelsa Midia selaku Sekretaris Umum, dan Mulia Rahma sebagai Bendahara Umum. Kepengurusan UKM KPS juga memiliki beberapa departemen yang siap menjalankan roda organisasi dengan maksimal. (Humas UTU|Foto istimewa)