MEULABOHUTU | Sesuai dengan rancangan draft Renstra Mutu – Universitas Teuku Umar (UTU) tahun 2023-2027, komitmen dalam menjalankan amanah UU pendidikan yaitu meningkatkan relevansi, keterjangkauan, pemerataan yang berkeadilan, dan akses Pendidikan Tinggi secara berkelanjutan kepada masyarakt luas termasuk masyarakat daerah terpencil menjadi sasaran mutu utama UTU pada era kepemimpinan Rektor UTU Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si.

Dr. Ir. M. Aman Yaman, M. Agric.Sc selaku Wakil Rektor I bidang akademik & kerjasama, menjelaskan alasan utama UTU mengembangan program studi baru selain amanah UU Pendidikan, juga untuk meningkatkan daya tampung mahasiswa yang selama ini masih terbatas.

Hal ini nantinya akan berdampak langsung terhadap peningkatan pendapatan negara bukan pajak dan juga memberikan peluang berkembangnya bidang ilmu lainnya di lingkungan UTU terutama bidang ilmu terkait dengan Visi dan Misi UTU menjadi sumber inspirasi dan referensi di bidang ilmu agro-marine.

Setelah berhasil membuka 3 program studi S1 dan 2 program studi magister pada semester lalu yang telah beroperasi saat ini, UTU kembali mengusulkan 4 program studi baru magister yaitu: Program Magister Sosiologi, Ekonomi Pembangunan, Kesehatan Masyakat dan Teknik Infrastruktur & Lingkungan.

Pengusulan program magister baru ini sangat relevan juga dengan kebutuhan daerah dan pasar kerja terhadap SDM yang berkualitas ditingkat S2 terutama bidang keilmuan pendukung visi UTU sebagai sumber inspirasi di bidang ilmu agro-marine.

Dalam prosesnya, setelah UTU melengkapi dokumen administrasi dan dokumen akademis usulan 4 program studi baru magister di atas, pada tanggal 30 Oktober 2023 telah dilakukan evaluasi oleh tim evaluator LLDIKTI XIII untuk mendapatkan rekomendasi.

Tim evaluator LLDIKTI XIII dipimpin langsung oleh Kepala LLDIKTI XIII yaitu Dr. Ir. Dr. Ir. Rizal Munadi, M. M. MT selain melakukan evaluasi terhadap kelengkapan dan kesesuaian dokumen juga memberikan arahan agar izin operasional 4 program studi magister baru di atas dapat segera dikeluarkan oleh Kemendikbudristekdikti dalam tahun ini.

Untuk itu ada program studi yang masih harus melengkapi beberapa persyarakatan adminsitrasi sehingga nanti akan direkomendasikan. Rizal Munadi dalam kesempat tersebut juga menyambut gembira karena saat ini UTU menjadi perguruan tinggi yang sangat dinamis dalam mengembangkan organisasi dan mutu akademis sehingga akan dapat mempercepat menjadi perguruan tinggi sumber inspirasi di bidang mutu dan pengeloaan akademik nantinya.

Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Irwansyah, S.T., M.Eng menyampaikan Fakultas mendukung sepenuhnya pembentukan prodi magister TI&L, menjawab kebutuhan daerah berkenaan tenaga profesional yang memahami mengenai perencanaan infrastruktur dan lingkungan.

“Hal ini mengingat sebagian besar kawasan Aceh bagian barat dan selatan masih memerlukan kajian utuh mengenai lahan gambut, kebakaran hutan, arasi pantai dan pengelolaan tambang. Terwujudnya prodi TI&L diharapkan dapat mengemban misi dan amanah tsb.” Kata Irwansyah

Ditemui secara terpisah Dr. Ir. Astiah Amir, S.T., M.T. sebagai Ketua Tim Pengusul memberikan komentar “Saat ini, Program Studi Magister infrastruktur dan Lingkungan, akan menjadi satu-satunya program studi yang terdapat di provinsi Aceh, yang akan dikembangkan dan dipadukan dengan Teknik Lingkungan, disesuaikan dengan kearifan lokal dan kondisi geografis masyarakat Aceh Barat Selatan. Dibutuhkan pembangunan infrastruktur dan kajian lingkungan yang berkelanjutan yang dapat mendukung pengembangan wilayah.

Bagaimana membangun dan  meningkatkan infrastruktur dan sistem yang mendasari kehidupan modern, tanpa mengorbankan lingkungan kita atau generasi mendatang. Universitas Teuku Umar sebagai leading sektor di bidang agro and marine industri di level regional dan  nasional. Riset-riset untuk perkembangan ilmu Teknik infrastruktur dan lingkungan  dapat ditingkatkan.

Hasil riset tersebut diharapkan mampu diaplikasikan ke sektor industri sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat. Selain itu, Program Magister Teknik Infrastruktur dan Lingkungan ini diharapkan akan dapat menjawab tantangan kebutuhan masyarakat akan tersedianya wadah untuk pendidikan Teknik infrastruktur dan Lingkungan tingkat lanjut, untuk menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dalam pengelolaan wilayah pesisir, lahan Gambut dan Teknik Infrastruktur yang berwawasan lingkungan.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Ketua Tim Pengusul kepada seluruh anggota tim yg telah berkontribusi pada persiapan usulan Prodi Magister Teknik Infrastruktur dan Lingkungan ini, semoga kerja keras kita semua mendapatkan hasil terbaik dan tentunya pahala disisi Allah SWT. (Humas UTU).