MEULABOHUTU | Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (POMDA) tingkat Provinsi Aceh tahun 2023 resmi bergulir. Pembukaan berlangsung di Sport Center Universitas Malikussaleh (Unimal) pada Minggu (17/9/2023).

POMDA kali ini diikuti sebanyak 28 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang ada di Aceh. Tercatat, POMDA kali ini diikuti sebanyak 1.013 atlet yang didukung oleh 142 ofisial, 87 pelatih, dan 11 asisten pelatih. Universitas Teuku Umar kembali menurunkan 73 atlet terbaiknya.

Total 1.013 atlet akan berkompetisi demi meraih medali pada POMDA 2023. Mereka akan bertanding di 14 cabang olahraga (cabor). Kecuali Panjat Tebing yang penyelenggaraannya masih belum pasti.

Rektor UTU, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si di sela-sela acara pembukaan POMDA Aceh 2023 berpesan kepada kontingen Universitas Teuku Umar, untuk senantiasa menjaga nama baik almamater dengan menjunjung tinggi sikap sportivitas selama mengikuti event POMDA Aceh di Universitas Malikussaleh Lhokseumawe.

“Selamat berkompetisi dan junjung tinggi sportivitas. Semoga meraih hasil terbaik dalam setiap cabang olahraga yang diikuti,” ungkap Rektor

Rektor juga mengatakan, ajang POMDA sebagai sarana bagi mahasiswa untuk mengharumkan nama kampus. “Selamat berjuang, ini kesempatan bagi anda untuk mengharumkan nama kampus di kancah regional dan menuju Nasional,” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Rektor dalam kegiatan pembukaan POMDA Aceh 2023 yaitu Wakil Rektor I, Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc, Wakil Rektor II Prof. Dr. Nyak Amir, M.Pd dan Wakil Rektor III Ibrahim, M.NSc.

Ketua Kontingen UTU, Muhammad Idris, M.Pd menyebutkan, jumlah atlet yang mengikuti POMDA Aceh 2023 sebanyak 73 orang ditambah 15 official dan 13 pelatih.

“Adapun jumlah atlet yang ikut bertanding sebanyak 73 orang yang akan bertanding pada 13 cabor dari 15 cabor yang diperlombakan,” ujar Muhammad Idris dalam pesan singkat, Ahad (17/9) di Lhokseumawe.

Adapun cabang lomba yang diikuti kontingen UTU masing-masing, atletik, futsal, tenis lapangan, bola basket, bulu tangkis, sepak takraw, taekwondo, pencak silat, karate, panjat tebing, bola voli pasir, renang dan catur.

Untuk diketahui, Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah merupakan sebuah ajang kompetisi olahraga yang melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dalam lingkup suatu daerah.

POMDA dilaksanakan untuk menyahuti pelaksanaan POMNAS (Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional). Untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (POMDA) Aceh tahun 2023 dilaksanakan di Universitas Malikussaleh Lhokseumawe.

Sementara itu Ketua Umum Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Aceh, Prof. Mustanir, M.Sc menyampaikan apresiasi kepada Unimal sebagai tuan rumah, dan semua pihak yang telah membantu. Terutama pihak sponsor.

“Atlet terbaik akan mewakili Provinsi Aceh di ajang POMNAS bulan November di Kalimantan Selatan. Harapan kami, para atlet terbaik benar-benar bisa mengharumkan nama Aceh di kancah nasional nantinya,” ucap Prof Mustanir.

Selain berkompetisi memperebutkan medali, ajang POMDA juga menjadi medium silaturahmi antar insan kampus yang ada di Aceh. Untuk itu, setiap kontingen diimbau merekatkan keakraban. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).