MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar (UTU) didapuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan rapat kerja Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BKS PTN) Wilayah Barat tahun 2023.

Penetapan UTU sebagai tuan rumah pelaksanaan Raker BKS PTN Barat 2023 sesuai dengan hasil rapat Forum Wakil Rektor Bidang Kerjasama Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (BKS PTN Barat) pada Tangga l7 Juni 2023 lalu di Kampus UPN Veteran Jakarta.

Salah satu agenda utama kegiatan tersebut adalah pembentukan Konsorsium Riset dan Abdimas BKS PTN Wilayah Barat. Kegiatan rapat kerja pembentukan konsorsium tersebut akan dilaksanakan pada 24-26 November 2023.

Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kerjasama Universitas Teuku Umar selaku ketua panitia pelaksana Raker BKS PTN Wilayah Barat menjelaskan jumlah PTN wilayah Barat sebanyak 28, kita telah mengundang seluruh PTN untuk hadir mengikuti kegiatan ini, namun yang sudah konfirmasi baru 11 PT yang akan hadir.

“Kita sedang mempersiapkan segala sesuatu menyangkut persiapan pelaksanaan Raker Wakil Rektor bidang kerjasama BKS PTN Barat ini, mulai transportasi, hotel dan hal-hal lain yang dibutuhkan,” kata Dr. M. Aman Yaman

Tak hanya bersilaturahmi, kegiatan rutin ini menjadi agenda sharing pengalaman seputar kerjasama yang menjadi salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi yaitu IKU 6, kemudian mendiskusikan program kerja tahun 2024.

Dr. M. Aman Yaman menambahkan, PTN BKS wilayah Barat memiliki posisi strategis di Indonesia jika dilihat dari capaian peningkatan mutu yang cukup signifikan.

Dalam menentukan keberhasilan PTN, lanjutnya, dibutuhkan persamaan persepsi, kerja sama antar perguruan tinggi di BKS PTN Barat, serta komitmen untuk merumuskan strategi peningkatan akreditasi PTN.

Menurutnya, PTN di BKS Barat cukup menonjol jika dilihat dari indikatornya. Misalnya saja di Sumatera terdapat sembilan perguruan tinggi terakreditasi A dari 52 se-Indonesia.

“Melalui raker ini diharapkan adanya persamaan persepsi dan terbentuk konsorsium riset dan Abdimas BKS PTN Barat yang kemudian dapat meningkatkan hasil riset dan publikasi,” pungkasnya. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).