MEULABOHUTU |  Universitas Teuku Umar menjadi salah satu perguruan tinggi yang memperoleh predikat A (Memuaskan), pada hasil evaluasi akuntabilitas kinerja Ditjen Diktiristek untuk PTN-Satker Tahun 2023.

Pada evaluasi yang dilaksanakan Kemendikbudristek tersebut, UTU meraih hasil evaluasi dengan nilai 85,75 berdasarkan penilaian dari beberapa indikator.

Dara Angreka Soufyan SP, M. Si selaku ketua Satuan Pengawasan Internal UTU mengatakan ada empat komponen yang menjadi penilaian dari penilaian kinerja instansi ini yaitu Perencanaan Kinerja, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Internal.

“Masing-masing komponen memiliki penilai dan bobot, untuk Universitas Teuku Umar kita memiliki nilai akuntabilitas kinerja 2023 ini kita mendapatkan nilai 85,75 sehingga kita mendapatkan nilai A,” ujar Dara Angreka

Rektor UTU Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si mengaku senang dan bersyukur, karena UTU bisa mempertahankan capaian peringkat memuaskan pada evaluasi akuntabilitas kinerja yang dilakukan Ditjen Diktiristek, bahkan secara akumulasi nilai mengalami kenaikan 4,05 poin dari tahun 2022 lalu sebesar 81,70.

Predikat memuaskan tersebut kata Rektor semakin melengkapi capaian serta prestasi yang ditorehkan UTU sepanjang tahun 2023.

“Alhamdulillah kualifikasi memuaskan untuk akuntabilitas kinerja UTU dapat kita raih. Pencapaian membanggakan ini tidak lepas dari kerja keras dan dukungan seluruh civitas akademika kampus sumber inspirasi dan referensi,” ujar Rektor.

Menurut rektor prestasi tersebut semakin menegaskan komitmen UTU dalam mendukung terwujudnya tata kelola pendidikan tinggi yang transparan, efisien serta akuntabel. Terlebih selama tiga tahun terakhir, UTU terus berupaya meningkatkan akuntabilitas kinerja yang dibuktikan dengan peningkatan capaian kinerja setiap tahunnya.

Rektor mengatakan setiap tahunnya seluruh instansi pemerintah harus melaporkan penilaian kinerja termasuk Universitas Teuku Umar dan setiap tahun kinerja yang dilaporkan dalam SAKIP, Universitas Teuku Umar terus naik dari tahun ke tahun.

Dalam Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Ditjen Diktiristek tercatat pada tahun 2020 UTU memperoleh predikat C dengan nilai 46.25. Kemudian pada tahun 2021 UTU berhasil memperoleh predikat BB dengan nilai 77,32. Dengan capaian tersebut UTU kemudian gencar melakukan perbaikan akuntabilitas kinerja, sehingga pada tahun 2022 melakukan lompatan kinerja dengan memperoleh predikat A dengan nilai 81.70. Kemudian pada tahun 2023 UTU kembali meraih predikat A namun dengan peningkatan nilai 85.75.

“Kinerja Universitas Teuku Umar terus naik setiap tahunnya dan kita berharap kepada civitas akademika UTU untuk dapat terus meningkatkan kinerja guna memberikan layanan terbaik sehingga Universitas Teuku Umar dapat memberikan yang terbaik untuk semua lapisan masyarakat,”ungkap Rektor. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).