MEULABOH – UTU | Universitas Teuku Umar (UTU) kembali menorehkan prestasi di bidang pengelolaan keuangan. Kali ini pengakuan tersebut diterima dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Meulaboh.

Hal itu ditandai dengan pemberian Anugerah Penghargaan Satuan Kerja Terbaik Tahun 2024 oleh KPPN Meulaboh kepada Universitas Teuku Umar sebagai Satker dengan transaksi kartu Kredit Pemerintah (KKP) terbesar Semester 1 tahun anggaran 2024.

Penghargaan diberikan oleh Kepala KPPN Meulaboh Linggo Supranggono yang diterima langsung oleh  Rektor UTU Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si dalam acara STAKEHOLDERS DAY pada Kamis (q/8/2024) di aula kantor KPPN Meulaboh. Acara ini juga diikuti oleh segenap satuan kerja berkinerja terbaik lainnya yang juga mendapatkan penghargaan.

Rektor Prof. Ishak dalam kesempatannya memberikan apresiasi atas dukungan KPPN Meulaboh, dalam memberikan pendampingan pengelolaan keuangan. UTU telah menunjukkan hasil yang sangat signifikan. “Ini adalah buah dari kerja keras tim, buah kerja bersama dan kerja cerdas yang selama ini telah kami terapkan” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, UTU juga berhasil menjadi yang terbaik dalam pelaksanaan pembangunan dengan dana bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2021 dan 2022. Dana tersebut untuk pembangunan Gedung Kuliah Terintegrasi. Capaian ini salah satunya tidak lepas dari pendampingan pengelolaan keuangan dari KPPN Meulaboh.

“Kita berharap dengan penghargaan ini menjadi tambahan energi, pemicu untuk berbuat yang lebih baik lagi. Selalu berusaha yang terbaik agar pengelolaan keuangan di UTU sehat, patuh terhadap regulasi, dan memberikan benefit yang sebesar-besarnya bagi seluruh sivitas akademika di UTU bahkan kemudian memberikan manfaat juga kepada lingkungan serta masyarakat,” harap Prof. Ishak

Atas raihan prestasi yang membanggakan ini, Prof. Ishak menyampaikan selamat kepada segenap jajaran Universitas Teuku Umar. Dirinya berharap agar jajarannya tidak cepat berpuas diri atas prestasi yang telah diraih. Melainkan terus meningkatkan kinerja agar dapat meraih penghargaan yang lebih bergengsi lagi di masa depan. “Tentunya kami harap bisa terus meningkatkan prestasi yang membanggakan ini,” pesan Prof. Ishak

Pemberian Anugrah Penghargaan Satker Terbaik Tahun 2024 bidang keuangan ini tidak hanya menjadi momen untuk mengapresiasi prestasi dalam pengelolaan keuangan. Tetapi juga untuk memotivasi satuan kerja lainnya untuk terus berupaya meningkatkan kualitas dan integritas dalam pengelolaan keuangan.

Sebelumnya, Linggo Supranggono dalam sambutannya mengingatkan para hadirin untuk terus meningkatkan budaya anti korupsi dan budaya integritas dalam pengelolaan keuangan di masing-masing satuan kerja.

Penilaian kinerja Satker didasarkan pada Indeks Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) yang mengukur efektifitas dan efisiensi pelaksanaan anggaran. Satker-satker yang berhasil meraih penghargaan telah menunjukkan kinerja yang sangat baik dalam hal perencanaan anggaran, pelaksanaan dan pencapaian output atas pelaksanaan anggaran yang dilakukan.

Linggo Supranggono, menyampaikan capaian kinerja APBN di wilayah kerjanya pada semester I tahun 2024 yang sangat positif. Penyerapan anggaran mencapai Rp 2,43 triliun dengan pencapaian IKPA yang sangat baik.

“Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh Satker untuk terus meningkatkan kinerjanya. Kami juga berharap sinergi antara KPPN dan seluruh Satker dapat semakin erat sehingga pengelolaan keuangan negara dapat semakin efektif dan efisien,” ujar Linggo. (Aduwina Pakeh).