MEULABOHUTU | Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2023 tahun ketiga yang kembali diraih Universitas Teuku Umar resmi digulirkan atau dilaunching. Proses peluncuran program yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemendikbudristekdikti RI) dipusatkan di Aula Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU, Rabu (26/7/2023) pagi.

Tahun 2023, UTU kembali berhasil mendapatkan dana hibah PKKM Liga II untuk dua program studi yaitu Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik dan Prodi Akuakultur, Fakultas Perikanan dan Kelautan.

Ketua Task Force MBKM Firman Parlindungan, S.Pd, M.Pd, Ph.D, dalam laporannya, mengatakan, untuk yang ketiga kalinya UTU kembali dipercaya oleh Pemerintah melalui Kemendikbudristekdikti RI dalam program kompetisi kampus medeka (PKKM) 2023 sejak kompetisi ini digulirkan pada tahun 2021 lalu.

Lebih jauh, ia memaparkan, Program hibah tersebut Amanah dari pemerintah sebagai program transformasi Perguruan Tinggi untuk pencapaian delapan (8) Indikator Kinerja Utama (IKU), dimulai dari meningkatkan kualitas lulusan mendapat pekerjaan yang layak, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, dosen berkegiatan di luar kampus.

“Kemudian, praktisi mengajar di dalam kampus, hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat, program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia, kelas yang kolaboratif dan partisipatif dan program studi berstandar internasional. 8 IKU tersebut menjadi indicator kampus maju,” papar Firman sapaan akrabnya.

Sementara itu, Rektor UTU Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si  menyampaikan, ucapan terimakasih atas semua dukungan kerjasama dan kerja keras para dosen dan mahasiswa UTU sehingga UTU yang tergabung di liga II ini kembali berhasil memenangkan dana hibah.

“Terimakasih saya sampaikan kepada Dekan, Kaprodi, para dosen, staf tenaga kependidikan dan mahasiswa UTU khususnya Prodi Teknik Mesin dan Akuakultur,” ucapnya.

“Alhamdulillah, dengan lolosnya kedua Prodi ini dapat meningkatkan kualitas mahasiswa, dosen, lulusan dan kurikulum,” ucapnya.

Menurutnya, untuk meningkatkan kapasitasnya institusi adalah tujuanya. “Ada tiga (3) yaitu meningkatkan mahasiswa dan lulusan, mengembangkan kurikukum dan meningkatkan kompetensi dosen,” ucapnya.

“Semoga, para mahasiswa yang terlibat dalam program ini dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diemban dengan baik, sehingga program PKKM dapat berjalan dengan lancar,” pungkas Rektor penuh harap. (Humas UTU).