MEULABOHUTU | Unit Kegiatan Mahasiswa Protokoler dan Anti Narkoba menggelar seminar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan tajuk “Jauhi Narkoba Melalui Wirausaha” yang dilaksanakan di Aula Cut Nyak Dhen, Gedung Terintegrasi U2A, Kampus Universitas Teuku Umar, Jum’at (30/8/2024).

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Dr Khairunnisa, S.P., M.P. selaku penggiat wirausaha, Fauzi S.H selaku kepala dinas disperindagkop UKM Aceh Barat dan Irsadi Aristora, S.Hut, M.H. CPM selaku Dosen Prodi Ilmu Hukum UTU. Turut hadir Wakil Rektor III yang diwakili oleh Muhammad Idris, S.Pd,. M.Pd bidang kemahasiswaan, Presma, DPM, MPM, BEM, HMJ, UKM lingkup UTU, STAIN Teungku Dirundeng, IAIN Lhokseumawe dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wakil Ketua UKM Protokoler dan Anti Narkotika Delfa Zebua mengatakan bahwa kegiatan ini berkolaborasi dengan Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH), yang dimana kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan pengetahuan mengenai bagaimana menjadi sosok wirausaha yang baik dan menjauhi narkoba.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Fauzi S.H mengatakan bahwa saat ini terdapat 3.250 UMKM di Aceh Barat. “untuk menjauhi narkoba, kita harus memiliki aktifitas, dengan banyaknya aktifitas dapat menyingkirkan pikiran negatif salah satunya berwirausaha, dan untuk menjadi wirausahawan yang berhasil kita harus mampu melihat peluang yang ada”. Ujar Fauzi

Dr. Khairunnisa juga mengatakan bahwa wirausaha itu dimulai dari diri sendiri serta dilihat dari permintaan pasar. Di tempat yang sama Irsadi Aristora menegaskan bahwa generasi mudah harus menjauhi narkoba dengan berwirausaha serta mampu mengenal jenis jenis narkotika.

Harapannya dengan diadakannya seminar ini diharapkan kepada seluruh mahasiswa/i dapat menjauhi narkoba dengan menjalani wirausaha agar menghasilkan uang dan pengalaman. (Humas UTU).