MEULABOHUTU | Puluhan siswa MAN 1 Aceh Selatan melakukan kunjungan ke Universitas Teuku Umar (UTU). Kehadiran rombongan asal Tapak Tuan tersebut disambut oleh Rektor UTU Prof Dr Ishak Hasan, M.Si didampingi Wakil Rektor II Prof Dr Nyak Amir, M.Pd dan Wakil Rektor III Ibrahim Laweung HS, SKM., MNSc. Kegiatan ini berlangsung di Auditorium Teuku Umar, GKT, Kampus UTU, Kamis, 29 Februari 2024.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran tentang peluang dan jalur masuk ke UTU serta membantu persiapan para siswa untuk menghadapi masa penerimaan mahasiswa baru (PMB) melalui jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri tahun 2024.

Rektor UTU Prof Ishak Hasan dalam kesempatannya menyambut baik kedatangan para siswa dari MAN 1 Aceh Selatan. Rektor memberikan penjelasan tentang proses masuk ke UTU, kesempatan yang tersedia bagi mahasiswa di UTU termasuk informasi mengenai beasiswa.

“UTU memiliki 23 program studi yang tersebar di enam Fakultas. UTU sama dengan perguruan tinggi lainnya, menyediakan beasiswa KIP Kuliah, pemerintahan daerah dan beasiswa dari UTU itu sendiri. Tidak perlu khawatir jika kemampuan ekonomi terbatas, ada kesempatan untuk kuliah di UTU,” ujar Rektor

Rektor juga mengucapkan terimakasih kepada rombongan MAN 1 Aceh Selatan yang telah memilih UTU sebagai destinasi kegiatan study tour. “Kami juga berharap dukungan dari sekolah untuk melakukan sosialisasi kebijakan penerimaan mahasiswa baru, yang harus diperhatikan pada tahun ini,” pinta Prof Ishak Hasan

Salah satu hal yang digarisbawahi pada pertemuan tersebut adalah, jika nanti siswa dinyatakan lulus di jalur SNBP, maka yang bersangkutan tidak dapat lagi mengikuti jalur SNBT maupun Mandiri.
“Maka pilihlah program studi yang sesuai dengan minat, bakat serta kemampuan siswa itu sendiri. Kenali diri lebih dalam agar tahu potensi terbaiknya dimana, serta cari tau prodi yang sejalur dengan keinginan namun juga peluang kerjanya terbuka,” pungkas Prof Ishak.

Kepala MAN 1 Aceh Selatan, Drs. Zul’ Aqli dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas sambutan yang baik dari UTU. Ia mengatakan, UTU merupakan universitas pertama yang mereka kunjungan dalam rangka study tour kali ini.

Lanjutnya tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memberikan informasi dan meningkatkan motivasi siswa agar mereka dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi.

“Kami membawa siswa kami langsung ke UTU agar mereka dapat memahami lebih dalam tentang perguruan tinggi, sehingga mereka bisa tertarik, terutama bagi siswa yang ingin kuliah tetapi terkendala oleh jarak,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, para siswa yang turut didampingi 22 guru dan staf tendik juga diperkenalkan sejumlah fasilitas Universitas Teuku Umar utamanya yang ada di Gedung Kuliah Terintegrasi, seperti ruang belajar, perpustakaan mini, hall of fame Teuku Umar, dan sejumlah ruangan lainnya. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).