MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar dan Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh melakukan Memorandum of Understanding (MoU) atau penandatanganan nota kesepahaman tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Data dan Informasi Statistik dalam rangka Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.

Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan Rektor UTU Prof Dr. Ishak Hasan, M.Si dengan Kepala BPS Aceh Dr. Ahmadriswan Nasution S.Si, M.T di Ruang Rilis Lantai 1 BPS Aceh, Senin, 8 Juli 2024.

Kerja sama ini merupakan upaya untuk mensinergikan potensi dan sumber daya yang dimiliki Universitas Teuku Umar dan BPS Aceh dalam mengembangkan kerja sama pemanfaatan data statistik guna mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta program Kampus Merdeka.

Rektor UTU, Prof Ishak menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan pernikahan antara ilmu pengetahuan dengan terapan atau praktisi.

Ia berharap ke depannya kerja sama ini dioptimalkan untuk penggunaan dan pemanfaatan data statistik dan informasi untuk mengembangkan keilmuan sehingga bisa memberikan sumbangan bagi Pemerintah dalam hal pengembangan perencanaan dan evaluasi kebijakan bagi pembangunan daerah.

Lanjut Prof Ishak, perguruan tinggi harus mampu berkiprah dan berkolaborasi dengan mitra, dalam hal ini BPS, baik dalam peningkatan mutu dosen, mahasiswa dan lulusan melalui kolaborasi riset maupun penyelenggaraan mimbar akademik, terutama dalam penyelenggaraan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kepala BPS Aceh Ahmadriswan Nasution menyatakan BPS memiliki peran untuk menjalankan tugas-tugas pokok sesuai dengan amanat Undang-undang, sehingga nantinya diharapkan dapat berkolaborasi baik di bidang sektoral, perbankan dan perguruan tinggi. Hasil-hasil penelitian di perguruan tinggi dapat berkontribusi sebagai input data bagi BPS, demikian juga sebaliknya.

Hal ini sesuai lingkup kerja sama yang juga telah dituangkan dalam nota kesepahaman, di antaranya kegiatan seminar, workshop, pojok statistik, kuliah kerja praktek/magang dan KKN, MBKM serta penerbitan jurnal ilmiah.

Harapan kedua belah pihak melalui nota kerja sama, mereka dapat memberikan input bagi pembangunan dari kerja sama ini.

“Kolaborasi ini diharapkan dapat menghasilkan output kerjasama yang bermanfaat bagi kedua belah pihak,” pungkasnya.

Acara penandatanganan Nota Kesepahaman, dari UTU turut dihadiri Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Hamdi Harmen,S.E., M.M dan Staf Humas dan Kerja sama, Mahdalena,. S.E.

Sementara dari BPS, turut hadir Tasdik Ilhamudin, Kepala Bagian Umum, Wahyu Agung Sutikno, Ketua Tim Pembinaan Statistik Sektoral dan Hendri Achmad Hudori, Ketua Tim Diseminasi Statistik, serta sejumlah staf BPS Aceh lainnya. (Humas UTU).