MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar tahun ini kembali menambah prodi baru. Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Inggris S1 di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Pembukaan prodi baru ini diketahui berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nomor 322/E/O/2024  tentang izin pembukaan Program Studi (Prodi) Bahasa dan Kebudayaan Inggris Program Sarjana pada Universitas Teuku Umar.

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si menyampaikan rasa syukur dan terimakasih atas keluarnya izin prodi baru yaitu Prodi Bahasa dan Kebudayaan Inggris.

“Perizinan Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Inggris ini diajukan awal tahun 2024. Memang tidak mudah karena ini program studi baru di Indonesia. Baru ada beberapa program studi, jadi betul-betul menjadi sorotan. Kualifikasi dosen dilengkapi, pertengahan tahun 2024 barulah keluar izinnya,” terang Prof Ishak Hasan

Lanjutnya lagi, dengan program studi baru ini adalah kebanggaan tersendiri untuk Universitas Teuku Umar. “Saya sangat senang UTU kembali mendapatkan kepercayaan dari  Kemdikbudristek untuk membuka prodi baru. Kami harus berjuang membuktikan kami layak membuka program studi ini. Tentunya ada tanggung jawab besar yang harus kami jalankan dengan baik,” ucapnya.

Prof Ishak Hasan berharap dengan keberadaan program studi baru ini calon mahasiswa yang tertarik dengan sastra bahasa Inggris dan kebudayaan Inggris tidak perlu lagi jauh ke Jawa untuk kuliah, kini sudah ada di Meulaboh

“Dengan keberadaan kami bisa ikut memberikan sesuatu ilmu baru kepada calon mahasiswa tentang dunia internasional, khususnya Inggris karena kita tidak bisa pungkiri Inggris salah satu negara dengan kebudayaan luar biasa,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kerjasama Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc saat dihubungi terpisah menambahkan, UTU adalah satu-satunya kampus di Aceh yang memiliki Prodi Bahasa dan Kebudayaan Inggris. Sedangkan di Indonesia juga belum banyak perguruan tinggi yang memiliki Prodi ini.

Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Inggris ini dibuka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan adanya jenjang Sarjana Strata 1 di bidang Bahasa Inggris. “Ke depannya, prodi baru ini diharapkan dapat maju dan berkembang bersama prodi-prodi lainnya di UTU,” lanjutnya

Prodi Bahasa dan Kebudayaan Inggris ini akan membuka penerimaan mahasiswa baru mulai Tahun Akademik 2024/2025 melalui jalur mandiri khusus UTU.

M. Aman Yaman menjelaskan, persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuka prodi baru seperti dosen tetap, kompeten, kurikulum, dan sarana prasarana. Sarana sudah disiapkan adalah gedung dan ruang kuliah, laboratorium desain dan multimedia (Aduwina Pakeh / Humas UTU)