MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar (UTU) bersama PT Mifa Bersaudara melaksanakan launching pembangunan rumah produksi pakan ikan lewat kegiatan peletakan batu pertama, menandai dimulainya proses pembangunan. Giat tersebut berlangsung di Lahan kampus UTU, Alue Penyareng, Selasa (6/8/2024).

Peletakan batu pertama tersebut dilakukan oleh Rektor UTU, Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si yang diwakili oleh Wakil Rektor II Prof. Dr. Nyak Amir, M.Pd bersama petinggi Mifa Bersaudara; Direktur Utama Ricky Nelson.

Kegiatan tersebut dari UTU turut hadir Wakil Rektor III H. Ibrahim Laweung HS, SKM., MNSc, Ketua Senat Universitas Basri, SH., MH yang juga Dekan FISIP, Dekan Fakultas Pertanian, Ir. Rusdi Faizin, M.Si, Dekan FKM Dr. T. Alamsyah, S.K.M., M.P.H, Kepala Biro Umum dan Keuangan Zulfirman, SE., M.Si dan Kabiro AKPK Rinaldi Iswan, ST., M.Sc.

Sementara dari PT. MIFA Bersaudara turut hadir Group Head CSR, External Relations & Corporate Communication MDB Group, Azizon Nurza dan Teungku Khadafi selaku Divison Head CSR

Prof Nyak Amir pada kesempatan tersebut  menyampaikan apresiasi sekaligus terimakasih atas hibah rumah produksi pakan ikan dari Mifa Bersaudara. Hal ini dinilai sangat penting dalam menunjang kegiatan akademik, sekaligus pertambahan fasilitas belajar.

“Kami menyadari fasilitas seperti ini sangat penting untuk anak kami dalam proses belajar. Ini laboratorium lapangan dan pemanfaatan teknologi merupakan keniscayaan di era modern,” kata Prof Nyak Amir

Selama ini, MoU antara UTU dan Mifa Bersaudara berlangsung dengan baik serta penuh komitmen. Sebelum adanya rumah produksi pakan ikan dari perusahaan ini, Warek II mengatakan, Mifa Bersaudara telah menjadi mitra UTU untuk pelaksanaan praktek dan magang mahasiswa.

Prof Nyak Amir mengapresiasi Mifa Bersaudara yang memiliki komitmen terhadap isu lingkungan. Meskipun belum seutuhnya sempurna, namun keberpihakan tersebut menjadi harapan tersendiri.

“Dengan adanya kolaborasi, bisa memberikan pelajaran. Tidak ada pertambangan yang tak ada dampak. Tapi bisa meminimalisir sejak awal,” tutur Prof Nyak Amir

Sementara itu, Dirut Mifa Bersaudara, Ricky Nelson mengaku senang bisa melakukan kolaborasi dengan UTU. Pihaknya ingin terus berkontribusi untuk Sumber Daya Manusia (SDM) Aceh, terutama lewat pendidikan.

“Kami berharap, mahasiswa UTU bisa menjadi insan yang selalu mampu berkarya terutama dalam bidang pendidikan,” kata Ricky.

Rumah Produksi pakan ikan tersebut, merupakan sumbangsih Mifa Bersaudara terhadap pendidikan, dalam rangka menyiapkan alumni UTU yang berkualitas, dan siap masuk ke dunia kerja.

“Ini menjadi bagian dari upaya membangun pusat penelitian SDA Aceh. Fasilitas ini kita harapkan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kepentingan akademik dan lainnya, PT. Mifa Bersaudara sangat konsisten dalam mendukung Universitas Teuku Umar dalam mewujudkan visinya sebagai kampus sumber inspirasi dan referensi khususnya dalam bidang agro and marine industry,” imbuhnya. (Aduwina Pakeh).