MEULABOH – UTU | Tempat Uji Kompetensi (TUK) Mandiri Universitas Teuku Umar Bidang Pariwisata telah resmi berdiri, dengan 6 skema Awal 1. Skema Sertifikasi Okupasi Pemandu Wisata Lokal, 2. Skema Sertifikasi Okupasi Pengatur Wisata Tour Leader, 3. Skema Sertifikasi Okupasi Kepemanduan Museum, 4. Skema Sertifikasi Okupasi Kepemanduan Ekowisata, 5. Skema Sertifikasi Klaster Kepemanduan Wisata Mancing, 6. Skema Sertifikasi Klaster Kepemanduan Snorkeling.

Ketua Pusat Ekowisata Syariah & Ekonomi Kreatif UTU Dr. Izwar, S.Pd.I., M.Pd menyampaikan untuk sampai ke tahap ini tidaklah mudah, banyak hal yang telah dilewati, banyak dukungan yang diterima. atas nama seluruh pengurus Pusdi Ekokraf mengucapkan Terima kasih Kepada Bapak Rektor, Warek selaku Pembina, Ketua LPPM-PMP dan Kabiro atas dukungan yang diberikan sehingga TUK ini berdiri.

Izwar melanjutkan dengan melihat potensi destinasi wisata di Aceh yang terus berkembang, Kita optimis TUK ini dapat proaktif dalam peningkatan kapasistas SDM Pokdarwis khususnya.

Ibu Sri Suryani, S.Pd. MM, Selaku Direktur LSP P3 Pramuwisata Indonesia, sangat mengapresiasi kerja sama dan pendirian TUK ini, apalagi dilihat potensi wisata di Aceh, sudah seharusnya Universitas Teuku Umar melaksanakan ujikom di bidang pariwisata khususnya, dan berharap kerjasama ini dapat berlangsung jangka panjang, serta memberi dampak positif terhadap pengembangan destinasi Wisata di Aceh Khususnya dan Indonesia Umumnya.

Ketua LPPM-PMP UTU, Ibu Ir. Yuliatul Muslimah, M.P., mewakili Rektor Universitas Teuku Umar, menyampaikan bahwa seluruh pimpinan universitas sangat mendukung pengembangan lembaga kompetensi ini. Lembaga ini diharapkan dapat membantu dalam mengembangkan potensi wisata di kawasan Barat Selatan Aceh yang membutuhkan SDM terampil dan kompeten dalam pengelolaan pariwisata.

Ir. Yuliatul Muslimah, M.P., juga menekankan bahwa tantangan sesungguhnya adalah implementasi dari hasil kesepakatan ini, sehingga berdampak langsung terhadap pengembangan pariwisata di masa mendatang.

Pada kegiatan ini, selain kesepakatan pendirian TUK Mandiri dengan LSP Pramindo juga dilakukan Penanda tanganan MoA antara Universitas Cipta Mandiri (UNCM) dengan LPPM-PMP UTU bidang Tridarma, serta transfer SDM pada kedua Lembaga, Wakil Rektor 2 Universitas Cipta Mandiri (UNCM) Syah Mohd Hadiid Thaariq, M.Si mengharapkan setelah MoA ini, agar implementasi kerjasama khususnya dengan Pusdi Ekokraf dapat segera di tindak lanjuti. (Humas UTU).