MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar terus memacu upaya peningkatan mutu berkelanjutan untuk mewujudkan target “Melampaui SNDIKTI”. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan UTU adalah dengan memberikan fasilitas kepada program studi yang akan mengajukan akreditasi dan sertifikasi internasional.

“Alhamdulillah, 2 Program Studi Universitas Teuku Umar berhasil memperoleh hibah penguatan mutu dalam bentuk Pendampingan Penguatan Standar Intersional, melalui bantuan fasilitasi pengusulan Akreditasi Internasional khususnya Bidang Kesehatan. dari Kemendikbudristekdikti. Kedua Prodi tersebut yaitu S1 Kesehatan Masyarakat dan S1 Gizi ” ujar Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Akademik, Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc.

Adapun tujuan dari hibah ini adalah mempersiapkan program studi dalam penyusunan dokumen evaluasi diri sesuai dengan format lembaga akreditasi internasional yang dituju serta untuk mendorong upaya program studi mengimplementasikan Outcome-based Education (OBE).

“Kedua program studi bidang kesehatan tersebut sedang berusaha untuk meraih akreditasi dari lembaga ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) yang merupakan lembaga akreditasi internasional berasal dari Jerman untuk displin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian, biologi.

“Keberhasilan ini menguatkan visi Rektor mengenai academic reputation. Ini adalah keberhasilan Universitas Teuku Umar dalam usahanya membenahi sistem, kurikulum, sarana prasana hingga penjaminan mutu internal” tambah M. Aman Yaman

Lanjutnya, sejak tahun 2023 lalu melalui program strategis peningkatan mutu akademik yang didukung dengan 11 Kebijakan Mutu Rektor UTU, telah mulai membuahkan hasil nyata dari sisi SPME. Sampai tahun 2024, program studi UTU telah berhasil meraih APS BAIK SEKALI dan UNGGUL terutama pada Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM).

“UTU Bersama 6 Universitas lainnya di Indonesia dipercaya menajalankan program ini terutama bidang Kesehatan yang diwakili oleh Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Gizi,” kata M Aman Yaman

Keberhasilan UTU untuk memperluas jangkauan bantuan sesuai kondisi program studi yang akan mengajukan akreditasi Internasional (Skema B) ini menunjukkan tingkat kepercayaan dari pemerintah terhadap upaya UTU menjalankan SPMI-PPEPP berbasis “PELAMPUAN SNDIKTI” telah berjalan on the track sehingga perlu terus didukung dari setiap komponen implementasinya”.

Hal ini juga membuktikan bahwa UTU telah memiliki kebijakan mutu akademik yang terimplementasi sampai tingkat program studi dan terus dikembangkan agar seluruh program studi mampu melampau SNDIKTI sehingga mampu menerapkan standar internasional baik dalam manajemen internal maupun manajemen akademik dan kurikulum.

Selanjutnya WR1 UTU berharap bawah keberhasilan Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Gizi UTU dipercaya menjalankan program pengusulan akreditasi internasional ini dapat diikuti oleh Fakultas dan program Studi lainnya baik S1 maupun S2 nantinya. “Dalam program ini, kedua program studi akan mendapatkan pendampingan dari tim ahli akreditasi internasional Kemendikbudristekdikti, yang saat ini dilakukan di Fakultas Kedokteran-UNNES, Semarang. Selanjutnya pendampingan tahapan lainnya akan dilanjutkan selama kurun waktu tertentu dalam tahun 2024” terang M. Aman Yaman

Sementara itu Rektor UTU, Prof. Dr. Ishak Hasan, M. Si, menyatakan kebanggaannya terhadap kinerja mutu UTU saat ini yang telah mulai menunjukkan hasil baik dari peningkatan peringkatan Akreditasi Program Studi menjadi baik sekali dan unggul bahkan sekarang dipercaya untuk mendapatkan pendampingan pengusulan akreditasi internasional. Bila program mutu ini terrus didukung oleh seluruh pihak, maka hal ini akan menjadi modal besar mengangkat level UTU menjadi PT bermutu yang akan setara dengan PT terkemuka lainnya dalam waktu singkat.

Rektor UTU mengucapkan selamat kepada jajaran pimpinan FKM melalui program studi Kesehatan Masyarakat dan Gizi atas prestasi ini, semoga dapat menjadi inspirasi bagi Fakultas dan program studi lainnya untuk terus meningkatkan mutu melalui SPMI-PPEPP guna meraih SPME Unggul dan akreditasi internasional nantinya.