MEULABOHUTU | Universitas Ubudiyah Indonesia melalui PT. Deztron Indonesia memberikan bantuan Panel Tenaga Surya untuk pemasangan di Masjid Kampus Universitas Teuku Umar di Komplek Kampus UTU Alue Penyareng.

Penyerahan 5 unit panel tenaga surya oleh Bapak Irvan perwakilan PT. Deztron tersebut berlangsung di lobi Gedung Rektorat, Kampus UTU pada Selasa (14/11/2023) yang diterima oleh Wakil Rektor II Prof. Dr. Nyak Amir, M.Pd.

”Atas nama pimpinan kampus Universitas Teuku Umar, saya mengucapkan terima kasih kepada Ubudiyah Indonesia yang telah memberikan bantuan 5 unit panel tenaga surya sehingga sangat membantu penerangan Masjid kampus,” kata Prof Nyak Amir

Penyerahan bantuan energi terbarukan sel surya di Masjid UTU ini difasilitasi oleh Dekan Fakultas Teknik UTU, Dr. Ir. Irwansyah, M.Sc., IPM. “Terimakasih Pak Dekan Teknik yang telah memfasilitasi bantuan ini, kita akan segera memasang kelima panel tenaga surya tersebut dalam waktu dekat ini,” lanjut Prof Nyak Amir.

Pemilihan masjid sebagai lokasi pemasangan panel surya dipandang sebagai wujud nyata semangat keselerasan antara IMTAQ (iman dan taqwa) dan IPTEK (ilmu pengetahuan). Sudah selayaknya masjid menjadi pelopor dalam menggerakkan penerapan teknologi demi kemaslahatan umat manusia.

Prof Nyak Amir melanjutkan, UTU sejak dahulu sudah memiliki concern terhadap kampus hijau yang bukan sekadar banyak tumbuhan hijau, namun juga menggunakan berbagai energi terbarukan, mengkonservasi air agar penggunaan air di kampus dapat hemat, hingga tatanan dan pilihan vegetasi pilihan yang sesuai.

“Jadi dukungan panel surya ini sejalan dengan semangat kita dalam penerapan green energy dan green campus.

Sementara itu Irvan dalam kesempatannya mengatakan bantuan ini merupakan salah satu wujud peran aktif PT. Deztron dalam pengembangan program yang berdasarkan pada pengelolaan lingkungan dan pemanfaatan energi terbarukan.

“Dukungan solar panel kepada kampus, selain sebagai optimalisasi penggunaan energi alternatif yang terbarukan, bebas polusi dan ramah lingkungan, juga sejalan dengan komitmen perusahaan kita dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan” pungkas Irvan. (Humas UTU).