MEULABOHUTU | Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (HIMADISTRA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar menggelar upgrading pengurus. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula utama, Lantai II Kampus UTU, Kamis (30/11/2023).

Kegiatan Upgrading tersebut mengusung tema “Harmonisasi sebagai wujud kekeluargaan dan kebersamaan menuju Himadistra yang bersinergi dan berdaya saing”. Upgrading pengurus merupakan program kerja pertama diadakan HIMADISTRA setelah dilantik beberapa waktu lalu.

Dimana kegiatan ini bertujuan untuk memberikan tambahan pengetahuan, baik yang bersifat umum atau khusus agar pengurus baru dapat mengetahui pengelolaan organisasi yang baik, serta dapat membangun semangat kepengurusan.

Hafizh Maulana, mahasiswa angkatan 2020 selaku Ketua  HIMADISTRA dalam sambutannya mengatakan upgrading adalah sarana untuk meningkatkan kualitas manajemen organisasi, oleh karena itu kegiatan ini tak sekadar menjadi formalitas, melainkan juga hal etis yang harus dijalani agar fungsionaris HMJ lebih dapat memahami apa yang mesti diperbuat selama satu periode kelak.

Aduwina Pakeh, S.Sos., M.Sc, Dosen Prodi Ilmu Administrasi Negara yang didaulat sebagai narasumber pada kegiatan tersebut memberikan motivasi agar organisasi dapat berjalan dengan baik dan aktif. “Organisasi akan tetap aktif ketika semua pengurus  saling berkordinasi dengan baik dalam menjalankan tupoksi maupun hubungan antar pengurus yang baik”. ungkapnya.

Dia juga menjelaskan kegiatan upgrading ini merupakan kegiatan pelatihan peningkatan mutu, pengatahuan serta ilmu organisasi khususnya seluruh pengurus HIMADISTRA. “Ini merupakan sebuah kegiatan pelatihan peningkatan mutu, pengetahuan, dan ilmu berorganisasi juga sebagai program pembuka bagi para pengurus HIMADISTRA.” Katanya

Harapnya, semoga dengan diadakannya kegiatan ini, kepengurusan yang baru dapat beradaptasi dengan baik, mengerti tugas dan fungsi nya masing-masing dan stabilisas organisasi tetap terjaga, program kerja yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan disiplin keilmuan khusunya dalam ruang lingkup Ilmu Administrasi Negara

Sementara pemateri kedua yang merupakan mantan Ketua Umum HIMADISTRA Periode 2014/2015, Nofrizal, S.AN dalam kesempatannya turut menyampaikan harapannya bagi kepengurusan baru periode 2023/2024.

“Jangan takut akan kegagalan, kegagalan akan terjadi oleh dua sebab, yang pertama orang yang berpikir tanpa bertindak dan orang yang bertindak tanpa berpikir. Kita harus tau arah kemana yang mau dibawa, karena setiap ada pemimpin nya pasti mempunyai tujuan, jika kalian menginginkan sebuah perubahan, ingatlah tidak ada perubahan tanpa perjuangan dan tidak ada perjuangan tanpa pengorbanan,” ucapnya.

Selain itu, ia memastikan seluruh pengurus untuk memahami visi dan misi HIMADISTRA agar tidak salah arah dalam menjalankan organisasi. “tahap pertama, kalian harus membaca dan memahami visi dan misi organisasi HIMADISTRA ini sehingga arah yang dituju sesuai, untuk mewujudkan organisasi yang sukses dan berkembang dituntut adanya Kerjasama yang baik antar pengurus,” pungkasnya. (Humas UTU).