MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar (UTU) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri di wilayah barat Indonesia terus berupaya untuk meningkatkan mutu dalam berbagai aspek.

Strategi percepatan penguatan mutu UTU telah diperkuat untuk tidak hanya fokus pada penguatan infrastruktur fisik namun sangat diperlukan percepatan penguatan mutu manajemen dan pelayanan akademik untuk mewujudkan mutu unggul baik secara institusi maupun akreditasi program studi.

Salah satu strategi yang akan diterapkan UTU adalah melaksanakan impelemntasi Standar Operasional Manajemen Pendidikan Tinggi (SOMPT) berbasis international standard yang akan “melampaui” SNDIKTI sehingga akan meningkatkan level mutu UTU baik secara fisik maupun akademik.

Dalam rangka mewujudkan strategi tersebut, pada 9 Mei 2023 lalu Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Ir. M. Aman Yaman, M. Agric.Sc telah melakukan penjajakan kerjasama sertifikasi dan impelementasi SOMPT berbasis ISO 21001:2018 dengan PT Decra Group Indonesia, Jakarta yang telah terbukti sangat berpengalaman dalam membimbing dalam mempersiapkan sertifikasi ISO bagi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS) termasuk Perguruan Tinggi Agama (PTA) hampir diseluruh Indonesia.

Dr. M. Aman Yaman dalam diskusinya dengan Direktur Utama PT Decra Group Indonesia, Ir. Solichin Agung Dermawan, MBA., SPA berharap seluruh Fakultas dan Biro di lingkungan UTU secara bertahap dapat melaksanakan sertifikasi ISO 21001:2018 yang sangat penting untuk penguatanan manajemen pengelolaan, operasional dan pelayanan akademik pendidikan tinggi  sehingga sesuai dengan standar internasional sebagi bukti UTU akan mampu melampau IKU SNDIKTI dalam manajemen pendidikan tinggi.

Sementara Dirut PT Decra Group Indonesia menyambut baik keinginan UTU untuk bekerjasama dalam hal pendampingan, sertifikasi dan pelaksanaan audit eksternal akademik berbasis SOMPT ISO 21001:2018. Melalui penerapan SOMPT ISO 21001:2018 diseluruh level manajemen Biro dan Fakultas (UPPS) akan menjadikan manajemen internal UTU memiliki standar internasional sehingga akan sangat pendukung upaya peningkatan mutu berkelanjutan (sustainability quality improvement).

Warek I UTU menegaskan bahwa UTU harus berani melakukan terobosan cepat baik dalam penguatan mutu fisik apalagi bidang akademik dengan strategi penguatan manajemen operasional pendidikan tinggi yang berstandar internasional seperti perguruan tinggi modern lainnya.

“UTU harus mengimplementasikan standar tersebut secara nyata dalam SOTK baik dilevel Universitas, Fakultas, program studi dan unit kerja lainnya sehingga akan lebih cepat merealisasikan visi UTU sebagai source of inspiration, kerjasama internasional dan pencapaian akreditasi Unggul nantinya,” jelasnya.

Untuk itu dukungan seluruh pihak internal UTU dan perwujudan kerjasama dengan PT Decra Group Indonesia dalam merealisasi ISO sangat diperlukan sehingga perwujudkan UTU sebagai perguruan tinggi bermutu dan unggul akan semakin lancar sesuai Renstra dan Strategi Pencapaian Mutu yang telah dicanangkan. (Humas UTU)