MEULABOHUTU | Guna meningkatkan kinerja perguruan tinggi dalam memperkuat kapasitas organisasi kemahasiswaan (ormawa), Universitas Teuku Umar (UTU) menggelar Workshop Penguatan Kapasitas Ormawa Universitas Teuku Umar tahun 2024, Minggu – Rabu (26-29/5/2024) bertempat di Hotel Grand Bayu Hill, Takengon, Aceh Tengah.

Workshop ini diikuti oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM), Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Presiden dan Wakil Presiden Pemerintahan Mahasiswa (PEMA), para ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas, dan para ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan lingkup UTU.

Kegiatan workshop tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor UTU Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya antara lain Prof Dr Nyak Amir, S.Pd., M.Pd (Wakil Rektor II bidang Umum dan Keuangan), H. Ibrahim Laweung HS, SKM., MNSc (Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni) dan Rinaldi Iswan, ST., M.Sc (Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan Perencanaan dan Kerjasama UTU).

Selain itu juga menghadirkan 3 pemateri lainnya yaitu Dr. Mursyidin, MA (Dosen Universitas Malikussaleh Lhokseumawe) yang juga Wakil Rektor III Universitas Teuku Umar Periode 2018-2022. Berikutnya Muhammad Idris, M.Pd (Koordinator Pokja Prestasi dan Informasi, Biro AKPK), Wahyu Saputra, SE.Ak (Koordinator Pokja Perbendaharaan dan Pelaksanaan Anggaran Biro UK).

Dalam sambutannya Rektor mengatakan kepada mahasiswa untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, “workshop ini tentunya sangat bermanfaat bagi mahasiswa apalagi kali ini narasumber yang didatangkan adalah narasumber yang ahli dibidangnya” ujar Rektor.

Dalam kesempatan itu, Rektor juga menyampaikan, kegiatan yang diselenggarakan ini bertujuan untuk menyatukan persepsi antara arah pergerakan organisasi mahasiswa dengan visi dan misi kampus.

“Kegiatan ini berupa konsolidasi antara Pimpinan, dan Seluruh Ormawa yang ada di lingkungan kampus, dalam mengkonsepkan kembali peran mahasiswa kedepan, dan ini harus kembali kita perkuat dan kita upayakan untuk semakin berkembang, dimana kita ketahui saat ini mahasiswa UTU telah mampu bersaing secara nasional,” sebut Prof Ishak Hasan.

Lanjutnya, dengan terselenggarakan Workshop ini diharapkan seluruh organisasi mahasiswa dapat berpartisipasi dalam menyumbangkan pemikiran dan ide yang positif. Sehingga jika ada persoalan dapat terselesaikan.

Sementara itu, Presiden Mahasiswa UTU, Anwar Efendi saat dikonfirmasi oleh Humas UTU dilokasi acara menyampaikan apresiasi kepada unsur pimpinan UTU wabil khusus bagian kemahasiswaan yang telah memfasilitasi kegiatan workshop ini.

“banyak hal yang akan dibahas dalam workshop ini, sehingga apa yang menjadi kendala selama ini dalam pengelolaan ormawa lingkup UTU dapat terselesaikan,” kata Anwar Effendi.

Anwar juga mengajak para pengurus Ormawa lingkup UTU yang berhadir dalam kegiatan workshop ini dapat memanfaatkan forum terhormat ini untuk menyampaikan aspirasi mahasiswa dan mendiskusikan segala hal menyangkut organisasi mahasiswa baik manajemen, anggaran dan lainnya.

Dari amatan Humas, kegiatan workshop kali ini berjalan lancar, suasana diskusi yang hidup mulai dari membahas persoalan anggaran organisasi mahasiswa hingga persoalan terkini yang sering terjadi di lingkup Ormawa, termasuk isu nasional yang sedang menghangat yaitu kenaikan UKT.

Sementara UTU secara tegas disampaikan Rektor, bahwa tidak ada kenaikan UKT di Universitas Teuku Umar. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).