MEULABOH – UTU | Banda Aceh, 16-17 Oktober 2024, Dalam upaya meningkatkan kualitas penilaian kompetensi di berbagai sektor industri, pemerintahan, lembaga pendidikan, Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan Perikanan (LSP-KP) BNSP terus berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para asesor kompetensi melalui program upgrading dan Recognition Current Competency (RCC) yang diselenggarakan secara berkala (setiap 3 tahunan).

Program upgrading ini bertujuan untuk memastikan bahwa para asesor memiliki pemahaman terkini dan relevan terhadap standar kompetensi, regulasi, dan perkembangan terbaru dalam dunia industri. Dengan mengikuti pelatihan ini, para asesor diharapkan tidak hanya mampu melakukan asesmen dengan lebih akurat dan objektif, tetapi juga menjadi role model dalam mempromosikan profesionalisme di bidangnya masing-masing.

Selain itu, program RCC yang diadakan memberikan peluang bagi asesor untuk menguji kembali kompetensinya. RCC adalah proses penting untuk memastikan bahwa asesor tetap memiliki keterampilan, pengetahuan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standar terbaru. Melalui uji RCC, asesor yang sudah lama berpraktik dapat memperbarui dan mengakui kembali kompetensi yang dimilikinya sehingga kualitas asesmen tetap terjaga dengan baik.

Menurut Master Asesor LSP-KP BNSP [Utami Widiasih dan Tetty DS Ariyanto], program ini merupakan langkah strategis untuk menyiapkan tenaga asesor yang mumpuni dalam menghadapi tantangan dan dinamika pasar kerja yang terus berubah. “Kami yakin bahwa upgrading dan uji RCC selama 2 hari ini akan memperkuat peran para asesor dalam mendukung peningkatan kualitas tenaga kerja Indonesia. Sehingga, tenaga kerja kita tidak hanya siap bersaing di tingkat nasional, tetapi juga di kancah global,” ungkapnya.

Para peserta yang mengikuti kegiatan upgrading dan RCC ini juga mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dan berbagi pengalaman dengan asesor lain dari TUK Fakultas Kelautan Perikanan Universitas Syiah Kuala, USK. Hal ini tidak hanya memperluas wawasan mereka, tetapi juga memperkaya jaringan profesional dalam dunia sertifikasi.

Dengan program upgrading dan RCC ini, LSP berharap dapat terus mendukung pertumbuhan kompetensi tenaga kerja Indonesia, sejalan dengan kebutuhan industri dan globalisasi. Langkah ini juga menjadi bagian dari misi LSP untuk memastikan bahwa sertifikasi kompetensi di Indonesia tetap berstandar internasional dan diakui secara luas oleh berbagai industri, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, ujar Ismail Sulaiman [Asesor, Dekan FPIK UTU].

Sebagai informasi bahwa TUK FPIK UTU mengirimkan 11 asesor kompetensi bidang KP, untuk mengikuti kegiatan upgrading dan RCC, dan ini sifatnya wajib bagi pemegang sertifikat asesor, dan semuanya berhasil lulus Kompeten [14 JP, dengan 4 unit kompetensi: kebijakan sistem sertifikasi kompetensi, merancang aktivitas dan proses asesmen, melaksanakan asesmen, memberikan kontribusi dalam validasi asesmen]. Kedepan kita akan mengirimkan beberapa asesor kompetensi untuk mendapatkan sertifikat master asesor.

TUK FPIK UTU, merupakan tempat uji kompetensi resmi dibawah LSP-KP BNSP yang merupakan lembaga yang berperan penting dalam memberikan sertifikasi kompetensi kepada tenaga kerja di berbagai sektor industri. Melalui program sertifikasi yang terstandar dan terpercaya, LSP mendukung peningkatan daya saing tenaga kerja Indonesia agar mampu bersaing di era globalisasi.

Kontak Media:

TUK FPIK UTU, Kampus UTU Alue Peunyareng Kecamatan Meureubo, Meulaboh, Aceh Barat, Gedung MIPA Terpadu Lantai 2.

Mahendra / Rihan Ramadhan

  1. 085260758386 /    082389059739