MEULABOHUTU | Dosen dari Prodi Teknik Sipil Universitas Teuku Umar melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul kegiatan “Sosialisasi dan Penerapan Safety Building pada pembangunan tanggul sebagai peningkatan produktivitas kerja kontruksi”.

Kegiatan ini dilakukak pada jumat, 15 september 2023, bertempat Di Aula Gampong Pasir Kabupaten Aceh Barat. Adapun tujuan kegiatan tersebut adalah memberikan pemahaman mengenai pengertian safety building, sarana keselamatan, APD, dan rambu keselataman kemudian meningkatkan kesadaran pentingnya K3 saat melaksanakan pekerjaan konstruksi.

Pada kegiatan ini diundang pekerja dari Kontraktor pelaksana PT ARAFAH ALAM SEJAHTERA. PT Arafah Alam Sejahtera merupakan kontraktor pelaksana yang sedang mengerjakan proyek Pembangunan Tanggul Laut Pengaman Pantai Kota Meulaboh di Desa Kampung Pasir, Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat Tahun Anggaran 2023.

Turut berhadir ketua Health Safety and Enviromental (HSE) dari konsultan yakni PT IKA ADYA PERKASA KSO PT TIRTAYASA MULTIPLAN KONSULTAN.

Peserta kegiatan ini sebanyak 25 orang selain dari pekerja dari pihak kontraktor juga diundang masyarakat yang bertinggal di Gampong Pasir yang bekerja sebagai tukang. Hal ini untuk memberikan pemahaman terkait tentang K3.

Keuchik Gampong Pasir Romi Saputra Jaya, SKM dalam sambutan pembukaan acara mengpresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh pihak kampus yang telah mengunjungi desanya karena dapat memberi wawasan kepada masyarakat.

Pengabdian ini didanai oleh internal UTU Tahun Anggaran 2023. Tim Pengabdian adalah Ir Zakia ST MT, anggota tim yakni Ir Inseun Yuri Salena, BSc., MSc, Ir Meylis Safriani, ST, MT, Ir Dian Febrianty, ST., MT, Delfian Masrura, ST, MT, Fitry Hasdanita, ST., MT dan 3 orang mahasiswa (Suci Rahmadani, Elfianitia, Miftahul Jannah).

Materi yang diberikan meliputi penjelasan tentang Dasar-dasar Keselamatan Kesehatan Kerja (K3), Undang-Undang Ketenagakerjaan, Kecelakaan Kerja, Prisnsip Dasar dan Penerapan K3, Permasalahan Pelaksanaan K3, Program APD, dan Rambu Keselamatan.

Sebelum kegiatan konstruksi, peserta diberikan kuesioner pre test dan post test untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta dari kegiatan sosialisasi yang telah diikuti. Kemudian tim pengabdian UTU juga memberikan dua buah rambu keselamatan kerja ke pihak Kontraktor. Rambu tersebut langsung diterapkan pada Pembangunan tanggul laut di Gampong Pasir ditemani pihak kontraktor dan pihak konsultan. (Humas UTU).