MEULABOHUTU  | Tim Dosen Prodi Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar  menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Lhok Kuala Daya, Kecamatan Lamno, Aceh Jaya, Selasa (10/10/2023) lalu.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Riset (PBR) mengusung tema “Penerapan Teknologi Rumpon Berbasis Sumberdaya Lokal Sebagai Upaya Mewujudkan Ketahanan Pangan Protein Kabupaten Aceh Jaya” ini diketuai oleh Dr. Muhammad Rizal, S.Pi., M.Si, dengan anggota Tim Afdhal Fuadi. Turut hadir Panglima Laot, Sekretaris Panglima Laot dan Nelayan Lhok Kula Daya Kabupaten Aceh Jaya

Dalam rilis yang diterima UTU News disampaikan, hasil diskusi dengan Panglima Laot dan Sekretaris Panglima Laot Lhok Kuala Daya akan dilaksanakan beberapa program mulai dari Sosialiasi pemanfaatan Sumberdaya Lokal untuk dijadikan sebagai atraktor rumpon (Alat bantu penangkapan ikan) seperti serat ijuk, rotan, daun kelapa dan daun pinang, kemudian dilakukan program workshop pembuatan rumpon berbasis sumberdaya lokal, peletakan rumpon di perairan Lhok Kuala Daya, Monitoring dan Evaluasi hasil dari Rumpon berbasis sumberdaya lokal tersebut.

Dr. Muhammad Rizal menjelaskan rumpon merupakan salah satu alat bantu penangkapan ikan yang dapat membantu nelayan untuk membuat atau menciptakan daerah penangkapan ikan di suatu perairan contohnya di perairan Lhok Kuala Daya, karena rumpon yang terbuat dari sumberdaya lokal dapat memikat atau manarik ikan untuk berkumpul di sekitaran rumpon yang tujuan dari ikan tersebut berkumpul adalah untuk mencari makan, memijah, bersembunyi dan lain-lain.

“Sehingga dengan adanya rumpon yang terbuat dari bahan sumberdaya lokal tersebut nelayan lebih mudah dalam mencari dan menangkap ikan disekitaran rumpon, apalagi potensi sumberdaya lokal yang dapat dijadikan sebagai atraktor rumpon di Lhok Kuala Daya ini berlimpah” Ujar Dr. Muhammad Rizal

Kegiatan PkM Berbasis Riset ini akan dilaksanakan selama 3 bulan kedepan sampai dengan kegiatan terakhir yaitu Monitoring dan Evaluasi yang akan dilakukan oleh Tim Reviwer Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPM-PMP) Universitas Teuku Umar (UTU). Kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu program yang didukung dan didanai oleh LPPM-PMP UTU kegiatan Pengabdian untuk membantu masyarakat.

Panglima Laot, Sekretaris Panglima Laot dan Nelayan Lhok Kuala Daya Kabupaten Aceh Jaya memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada tim PBR FPIK UTU yang telah memilih tempat kami sebagai lokasi pengabdian dan merikan pengalaman serta ilmu baru untuk kami terkait sumberdaya lokal (serat ijuk, rotan, daun pindang, daun kelapa) yang bisa dijadikan sebagai atraktor rumpon.

 

Selama ini potensi sumberdaya lokal seperti serat ijuk dan rotan kami hanya memanfaatkannya sebagai sapu, akan tetapi sekarang ternyata bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu penangkapan ikan yang ramah lingkungan” ujar Panglima Laot Lhok Kuala Daya.

Tim Pengabdian kapada Masyarakat Berbasis Riset juga melibatkan Mahasiswa program Studi Perikanan FPIK UTU untuk memberikan pengalaman berkegiatan diluar kampus, menambah skil pengetahuan terkait sumberdaya lokal yang dimanfaatkan sebagai atraktor rumpon, merancang, membuat dan meletakan rumpon di perairan Lhok Kula Daya serta dapat mendukung Indikator Kinerja Utama (IKU) 1. (Humas UTU).