MEULABOHUTU | Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Penalaran Riset & Inovasi Mahasiswa (PRISMA) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar mengadakan audiensi dengan pejabat Instansi terkait di Kabupaten Aceh Barat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan paada Rabu, 31 Juni 2024 di ruang rapat Bupati, Kantor Bupati Aceh Barat. Turut hadir Wakil Rektor III Universitas Teuku Umar Ibrahim, S.K.M., M.Nsc, Koordinator Pusat Program Kreativitas Mahasiswa Yarmaliza., S.K.M., M.Si, Dosen Pendamping PPK Ormawa PRISMA Fitriani, S.K.M., M.Kes serta seluruh tim pelaksana dan ormawa lingkup Aceh Barat.

Kegiatan ini bertujuan untuk meneruskan kerja sama yang telah dilakukan oleh tim serta memaparkan program terbaru yang akan dilaksanakan pada tahun 2024. Tidak hanya itu, Audiensi tersebut sebagai langkah awal dalam penjajakan dengan berbagai mitra terkait untuk mendukung program sekolah wanita dan program kelompok wanita kreatif.

Adapun program sekolah wanita dan kelompok wanita kreatif bertujuan untuk meningkatkan potensi pengetahuan dan kreativitas dari kelompok wanita agar berperan aktif untuk menciptakan desa mandiri berkelanjutan sesuai judul proposal Tim PPK ORMAWA PRISMA FKM UTU, yakni  “EMPOWERMENT TERHADAP KELOMPOK WANITA BERINTEGRASI SDG’S DALAM MEWUJUDKAN DESA MANDIRI BERKELANJUTAN DI DESA UJONG TANOH DARAT”.

Yarmaliza dalam kesempatannya mengharapkan dukungan dan support penuh dari Pemkab Aceh Barat terhadap pelaksanaan Program PPK Ormawa yang sedang berlangsung di Aceh Barat. “besar harapan nantinya akan terus ada keberlanjutan kerja sama antara Universitas Teuku Umar dengan Pemerintahan Aceh Barat melalui dinas terkait serta harapannya seluruh yang berhadir dapat berkomitmen untuk mendukung secara penuh program yang diusung mahasiswa FKM ini,” ujar Yarmaliza

Sementara Wakil Rektor III UTU, Ibrahim menyampaikan bahwa PPK ORMAWA ini merupakan salah satu ajang mahasiswa di tingkat nasional dalam meningkatkan potensi di desa untuk pembangunan dengan mengusung berbagai topik yang dibawakan sesuai dengan keadaan desa yang membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah melalui peran mahasiswa.

Sementara itu Asisten 1 Sekda Aceh Barat, Teuku Samsul Alam mewakili Pj Bupati Aceh Barat menyampaikan pihaknya menerima dengan suka cita niat baik dari Universitas Teuku Umar dan berkomitmen penuh untuk terus mensupport tim PPK Ormawa selaku mahasiswa yang bergerak dalam pembangunan Desa serta berharap kedepannya kerja sama ini akan terus berlanjut dengan baik.

“Kerja sama dengan perguruan tinggi seperti ini sangat penting bagi kami. Kami berharap, kita dapat mewujudkan pembangunan daerah yang lebih maju dan berkelanjutan,” katanya.

Dengan adanya kerja sama yang dijalin, baik tim pelaksana PPK Ormawa PRISMA UTU maupun Dinas terkait lingkup Pemkab Aceh Barat optimis dapat menghadirkan inovasi-inovasi baru, yang tidak hanya berdampak pada peningkatan ekonomi lokal tetapi juga pada pelestarian lingkungan yang berkelanjutan.

Secara terpisah Fitriani., S.K.M., M.Kes selaku Dosen Pembimbing menuturkan bahwa Program Sekolah Wanita merupakan salah satu upaya dalam peningkatan keterlibatan kelompok wanita dalam pembangunan desa melalui peningkatan pengetahuan dan kreativitas dalam meningkatkan ekonomi, kesehatan dan berperan dalam masyarakat dan berharap besar nantinya dinas-dinas terkait yang memiliki program yang sesuai dapat menjalin kerjasama setelah kegiatan ini selesai.

Tim PPK ORMAWA PRISMA FKM UTU kemudian memberikan pemaparan mengenai Program Sekolah Wanita dan Program Kelompok Wanita Kreatif serta luaran tambahan yang di hasilkan dari program-Program tersebut. Selanjutnya, adapun sesi diskusi yang disambut dengan antusias oleh PJ bupati atau yang mewakili dan dinas-dinas yang berhadir pada audiensi.

Dinas Sosial menuturkan bahwasannya mereka sangat antusias dan tertarik dengan program-program yang dipaparkan oleh Tim PPK ORMAWA PRISMA FKM UTU serta dengan terbuka memberikan saran, masukan bahkan bantuan kepada Tim PPK ORMAWA PRISMA FKM UTU dalam menyukseskan program.

BAPPEDA juga menyatakan dengan antusias bahwasannya program yang dipaparkan oleh setiap Tim PPK ORMAWA sangat sesuai dengan permasalahan di lingkup Aceh Barat dan harapannya semakin banyak program yang memperdulikan permasalahan desa terutama pada lingkup Aceh Barat serta menyarankan Tim PPK ORMAWA untuk segera menghubingi setiap dinas yang terkait dengan program kepada setiap Tim PPK ORMAWA.

DPMG mengusulkan kepada setiap Tim PPK ORMAWA yang menghasilkan produk untuk segera membuat surat keterangan yang nantinya akan mengikat kelompok sasaran yang sudah diberdayakan oleh Tim Pelaksana agar tetap menjalankan program serta pihak DPMG juga mendukung penuh seluruh kegiatan TIM PPK ORMAWA dalam membantu perekonomian masyarakat miskin dan meningkatkan kemampuan kelompok masyarakat untuk menghasilkan produk dan meningkatkan perekonomian sehingga menciptakan masyarakat yang sejahtera.

kegiatan ini di akhiri dengan kegiatan foto bersama antara Tim pelaksana bersama Ormawa, dosen pendamping, wakil rektor universitas Teuku Umar, berserta dinas-dinas terkait. (Humas UTU).