MEULABOH – UTU | Tim PPK ORMAWA Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (Himakesmas) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar  berhasil menyelenggarakan kegiatan sosialisasi program dan Focus Group Discussion (FGD) bertajuk “Desa/Kelurahan Sehat”, yang berlangsung di Purwodadi, Kuala Pesisir, Nagan Raya, Sabtu (29/6/2024).

Acara yang berlangsung di Tempat Pengajian Anak (TPA) Desa Purwodadi yang dihadiri oleh sekitar 50 peserta yang terdiri dari Perwakilan Camat Kuala Pesisir, Perwakilan Dinas DKPP Kabupaten Nagan Raya, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nagan Raya, Kepala Desa Purwodadi, Aparatur Desa, Ketua dan Anggota PKK Desa Purwodadi, masyarakat desa, Tim Fasilitator PPK ORMAWA UTU, Dosen Pembimbing, ORMAWA Himakesmas serta Tim Pelaksana.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.30 WIB yang dibuka oleh MC sekaligus Moderator, Nur Hazizah, kemudian sambutan yang disampaikan oleh Dosen Pembimbing Tim PPK ORMAWA Himakesmas, Eva Flourentina Kusumawardani, S.K.M., M. Epid, sekaligus merperkenalkan semua tim pelaksana PPK ORMAWA Himakesmas kepada Tamu Undangan dan Peserta yang hadir.

Kepala Desa Purwodadi, Teuku Safrizal, dalam sambutannya menekankan pentingnya kolaborasi antara PPK ORMAWA agar program-program yang digalangkan terus berlanjut. “Mudah-mudahan program-program yang telah digalangkan Tim PPK ORMAWA Himakesmas nantinya, akan terus berlanjut walaupun tim tidak lagi di desa,,” ujarnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi sosialisasi program oleh Ketua Tim Pelaksana PPK ORMAWA Himakesmas Reza Aristanjaya, dengan judul program “Optimalisasi Pembangunan Desa Melalui Penguatan Program DESA ASRI Berbasis Potensi Lokal Dalam Mendukung SDG’s Menuju Desa Aktif Kabupaten Nagan Raya”.

Reza menyampaikan beberapa program yang akan dilaksanakan di Desa Purwodadi kurang lebih selama 5 bulan kedepan dan pelaksanaan program yang lebih difokuskan di setiap dusun. Adapun program tersebut diantaranya :
1. Bank Sampah
2. Pembuatan Eco Enzym
3. Vertiminaponik
4. Draft Qanun.

Setiap materi mengenai program yang akan dilaksanakan di Desa Purwodadi mendapat perhatian penuh dari para peserta, yang terlihat antusias dalam sesi tanya jawab. Setelah sesi sosialisasi, kegiatan berlanjut dengan FGD yang dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi. Dalam kelompok-kelompok ini, peserta berdiskusi secara intensif mengenai strategi konkret yang dapat diterapkan untuk mengimplementasikan program di setiap dusun.

Hasil diskusi kemudian dibahas di dalam forum, memunculkan berbagai ide dan solusi inovatif. Banyak masukan berharga yang didapat, antara lain melakukan kolaborasi dengan dinas yang terkait dengan program, pengembangan program pelatihan untuk masyarakat, pemilahan sampah pada program Bank Sampah dan penguatan potensi desa berbasis masyarakat.

Salah satu Aparatur Desa, Riski Efendi, mengungkapkan bahwa pihak desa sangat setuju dan siap mendukung program-program yang akan dilaksanakan oleh Tim PPK ORMAWA Himakesmas

“Kami sangat setuju dan mendukung program-program yang diusungkan oleh Tim PPK ORMAWA Himakesmas, dan bahkan jika bisa kami mengharapkan adanya program tambahan seperti pengolahan sampah anorganik selain sampah organik yang digunakan dalam program pembuatan Eco Enzym,” ungkapnya.

Acara ditutup pada pukul 12.00 WIB dengan pernyataan penutup oleh Nur Hazizah selaku moderator yang menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat, terlebih kepada Kepala Desa dan Aparatur Desa Purwodadi. Tim PPK ORMAWA Himakesmas berharap hasil dari sosialisasi dan FGD ini dapat segera diimplementasikan demi mengembangkan potensi yang ada di Desa Purwodadi.

Dengan suksesnya kegiatan ini, Tim PPK ORMAWA Himakesmas FKM UTU berkomitmen untuk saling bekerja sama dalam melaksanakan program-program yang telah ditetapkan guna mendorong pengembangan potensi desa yang berkelanjutan. (Humas UTU).