MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar (UTU) kembali menerima salinan Surat Keputusan (SK) tentang izin pembukaan Program Studi (Prodi) Magister (S2), kali ini untuk prodi Ilmu Pertanian.

SK itu dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) dengan Nomor 4045/E1/HK.03.00/2023 tentang Izin Pembukaan Program Studi Ilmu Pertanian Program Magister pada Universitas Teuku Umar.

Salinan keputusan tersebut diserahkan oleh Drs M Najib, MPd selaku Kepala Bagian Umum Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIII Aceh kepada Rektor UTU, Drs Dr Ishak Hasan, M.Si yang diwakili Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc

Proses serah terima Sk tersebut dilakukan pada Selasa (13/6/203), di Gedung LLDikti XIII, Jalan Alue Naga, Desa Tibang, Syiah Kuala, Banda Aceh.

Drs M Najib, M.Pd mengatakan, dengan diberikannya izin pembukaan Prodi S2 Ilmu Pertanian untuk UTU, maka Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu berhak menerima mahasiswa baru mulai tahun ajaran 2023/2024.

“Pemberian SK pembukaan Prodi S2 Ilmu Pertanian itu merespon usulan Rektor UTU, seiring banyaknya peminat pada prodi tersebut yang juga sebagai core product UTU sebagai sumber referensi dalam bidang agro and marine industri,” kata M Najib.

Dengan adanya SK izin pembukaan S2 Ilmu Pertanian ini, M Najib berharap agar Universitas Teuku Umar dapat mempersiapkan diri dengan matang sehingga penerimaan mahasiswa baru angkatan perdana dapat dilangsungkan dengan lancar.

“Kita yakini Universitas Teuku Umar ini mampu berkontribusi menghasilkan lulusan S2 Ilmu Pertanian yang berkompetensi sesuai dengan kebutuhan pasar,” ujarnya.

Sementara itu, Warek I, Dr. M. Aman Yaman berterima kasih kepada semua pihak, khususnya Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) dan LLDIKTI Aceh atas bantuan dan dukungannya sehingga UTU untuk kini memiliki program magister untuk 2 prodi yaitu Ilmu Perikanan dan Ilmu Pertanian.

“Saya sangat terharu dan berbahagia hari ini. Sebab, UTU sudah memiliki Program Studi S2 yaitu Ilmu Perikanan dan Ilmu Pertanian,” ungkap Wakil Rektor.

“Alhamdulillah, kedua prodi magister ini sudah mulai dapat menerima mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024,” jelasnya.

Dengan pembukaan Magister Ilmu Pertanian ini, pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan pendidikan yang maksimal bagi masyarakat.

“Pengembangan prodi ini nantinya berfokus pada pengkajian dan pengembangan teknologi produksi tanaman, proteksi tanaman serta bioteknologi dan konservasi tanaman guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya

Semoga dengan dibuka program Magister ini bisa memperluas koneksi UTU sehingga Visi UTU sebagai kampus sumber inspirasi dan referensi dapat segera terwujud.

Lanjutnya, keunggulan S2 Ilmu Pertanian di Universitas Teuku Umar adalah fokus pada pengembangan manajemen produksi, advance technology dan industri pertanian terintegrasi dengan agro-marine industry terkait pengembangan ekonomi masyarakat.

Warek 1 juga mengatakan, khabar bahagia ini melengkapi khabar bahagia sebelumnya, dimana pada awal Mei 2023 lalu UTU juga menerima izin Pembukaan Program Studi Ilmu Perikanan Program Magister. “Dengan demikian, saat ini UTU telah memiliki 2 program studi Magister (S2), sehingga dapat memacu perkembangan Universitas Teuku Umar sebagaimana cita-cita para pendiri UTU terdahulu,”. Pungkasnya. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).