MEULABOHUTU | Melalui Pusat Program Kretivitas Mahasiswa (PKM) Universitas Teuku Umar (UTU) menyelenggarakan acara “Koordinasi Pelaksanaan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) dengan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya pada tanggal 15 Juli 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Setdakab Nagan Raya  ini dihadiri oleh Ibu Pj. Bupati Nagan Raya, sejumlah kepala SKPK, para keuchik desa mitra, dosen pembimbing dan ketua serta anggota kelompok PPK ORMAWA UTU yang lolos pendanaan dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Tahun 2024 yang melaksanakan program di Nagan Raya.

Menurut Koordinator Pusat PKM UTU, Yarmaliza, SKM., M.Si   menyatakan bahwa tahun ini UTU berhasil meraih tujuh  ormawa sebagai penerima program PPK ORMAWA. “Ada tujuh ormawa yang tahun ini lolos program PPK ORMAWA, 3 diantaranya akan melaksanakan program di Kabupaten Nagan Raya,” kata Yarmaliza

Adapun ketiga Ormawa tersebut adalah  Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (HIMADISTRA), Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HIMAKESMAS) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (BEM FKM). “Kita berharap ketiga tim PPK Ormawa inindapat melaksanakan programnya dengan lancar” terang Yarmaliza yang merupakan juga dosen pembimbing Himakesmas itu.

Adapun para keuchik desa mitra yang diundang pada acara tersebut berasal dari Desa Purwodadi, Jatirejo dan Desa Pulo. Ketiga desa tersebut berada dalam kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya.m

Acara dimulai dengan kata sambutan sekaligus pembukaan dari Rektor UTU yang diwakili Ketua Senat UTU Basri, SH., MH. Beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada Para Keuchik Desa Mitra yang telah bersedia untuk bekerja sama dalam menyukseskan program PPK ORMAWA UTU Tahun 2024.

Kemudian beliau juga berharap agar Para Ketua Kelompok, Dosen Pembimbing dan Keuchik Desa Mitra untuk dapat bekerja keras dengan harapan program kelompok tersebut dapat lolos Abdidaya Ormawa.

Adapun ajang tersebut merupakan ajang kompetisi tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Universitas Udayana, Provinsi Bali pada akhir tahun ini dan memiliki beberapa persyaratan untuk mengikuti Abdidaya Ormawa seperti Kelompok PPK ORMAWA, Dosen Pembimbing, Organisasi Kemahasiswaan, Desa Mitra dan Perguruan Tinggi.

Semua pihak yang terlibat ini akan dinilai bagaimana efektifitas dan kolaborasinya dalam pencapaian program PPK ORMAWA yang dilaksanakan. UTU berkomitmen penuh dalam mewujudkan visi sebagai kampus sumber inspirasi dan referensi, salah satunya lewat pengabdian kepada masyarakat karena hal tersebut merupakan salah satu pilar dari tri dharma perguruan tinggi. (Humas UTU).