MEULABOHUTU  | Universitas Teuku Umar berkomitmen memberikan dukungan penuh kepada mahasiswa dalam usaha meningkatkan skill kewirausahaan. Salah satunya dengan melakukan koordinasi dan audiensi tim pengelola Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Kemendikbudristek 2023 UTU dengan HIPMI Aceh dan sejumlah pelaku industri lainnya.

Sebagaimana diketahui, P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki usaha melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa peserta P2MW.

Kegiatan koordinasi dan audiensi ke HIPMI Aceh dan sejumlah Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) lainnya dilakukan pada 25 Juli 2023 sebagai bentuk dukungan dalam pelaksanaan program P2MW yang sedang berlangsung.

Tim audiensi dipimpin langsung oleh Wakil Rektor III UTU bidang kemahasiswaan dan Alumni, Ibrahim, SKM., M.NSc yang turut didampingi oleh Korpus PKM Yarmaliza, SKM., M.Si dan sejumlah staf yang siap membackup program P2MW.

Selain ke HIMPI Aceh, tim pengelola P2MW Universitas Teuku Umar juga melakukan koordinasi dan audiensi dengan beberapa praktisi sekaligus mentor di kota Banda Aceh, seperti dari PT. Consist Product, Kafe resto Oen Kupi dan Kopi dara Kafe, dan Helm care Kaffah yang di rekomendasikan untuk menyukseskan P2MW dengan support dana dari pusat untuk 8 kelompok usaha.

Sementara itu terdapat 4 praktisi/mentor yang di rekomendasikan untuk mendampingi dan menyukseskan P2MW yang berasal dari Meulaboh, yaitu: Meuligoe Agam cafe n resort, PT Tani Bakti Mandiri, Sigadeng Cake dan Limbek Aceh Farm.

Wakil Rektor III UTU, Ibrahim, M.NSc kepada Humas UTU mengatakan, pihaknya melalui Pusat PKM memberikan perhatian khusus kepada seluruh program mahasiswa, diantaranya program P2MW.

“Diantaranya yang kita lakukan adalah membangun jaringan komunikasi dan mengikat hubungan kerjasama dengan sejumlah industri UMKM yang siap mendukung program yang sedang dikembangkan oleh mahasiswa Universitas Teuku Umar,” jelasnya.

Warek III menyebutkan P2MW adalah satu implementasi dari kebijakan Kemendikbudristek dalam rangka meningkatkan keminatan, bakat, kreativitas, dan inovasi mahasiswa dalam bidang wirausaha. Melalui program P2MW, dapat mendorong dan mencetak mahasiswa untuk menjalankan dan mengembangkan program kewirausahaan Mahasiswa. (Aduwina Pakeh /Humas UTU).