MEULABOH – UTU | Selasa (7 Mei 2024), Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar bertempat di Aula Cut Nyak Dhien UTU menggelar acara sosialisasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang program tersebut kepada mahasiswa. Dalam upaya mewujudkan pendidikan yang lebih berkualitas dan relevan dengan tuntutan zaman, program ini menawarkan kebebasan kepada mahasiswa untuk menentukan jalannya pembelajaran serta mengembangkan potensi diri secara mandiri.

Dalam kata sambutannya, Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Irwansyah, S.T., M.Eng., IPM, menyampaikan komitmennya untuk mendukung penuh implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Beliau menekankan pentingnya peran mahasiswa sebagai agen perubahan dalam menghadapi dinamika global. Dengan memberikan ruang lebih besar kepada mahasiswa untuk berkarya dan berinovasi, Fakultas Teknik berharap dapat melahirkan lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademis tetapi juga memiliki kepekaan terhadap perubahan sosial dan teknologi.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 UTU Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc juga turut memberikan kata sambutan, menggarisbawahi pentingnya sinergi antara mahasiswa, dosen, dan pihak administrasi dalam mewujudkan visi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Dr. Aman Yaman menegaskan bahwa Universitas Teuku Umar berkomitmen untuk memberikan dukungan sepenuhnya kepada mahasiswa dalam menjalani proses pembelajaran yang lebih berdaya saing dan berorientasi pada kebutuhan dunia kerja.

Adapun narasumber acara ini adalah Al Munawir, S.SI.M.Sc., Ir. Arrazy Elba Ridha, S. S.T., M. T. serta Yusran Ibrahim, S.Pi.,M.Si, memberikan penjelasan mendalam mengenai 9 program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang telah diterapkan oleh Universitas Teuku Umar selama beberapa periode meliputi Pertukaran Pelajar, Magang / Praktik Kerja, Asistensi di Mengajar di Satuan Pendidikan, Penelitian / Riset, Proyek Kemanusiaan, Kegiatan Kewirausahaan, Studi / Proyek Indenpenden serta Membangun Desa / Kuliah Kerja Nyata Tematik.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar semakin memahami esensi dan manfaat dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka serta mampu mengambil peran aktif dalam mengeksplorasi potensi diri mereka. (Humas UTU).