MEULABOHUTU | Dalam rangka memperingati Hari Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2023 menjadikan momentum penting untuk mengajarkan nilai-nilai luhur Pancasila kepada generasi muda.

Dalam rangka membangun pemahaman anak-anak terhadap Pancasila, Dinas Pendidikan, Inovasi, dan Karya Pemerintahan Mahasiswa (PEMA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar mengadakan kegiatan sosialisasi dan quiz Pancasila yang dikhususkan Anak-anak SDN Gunong Kleng pada Rabu (7/6/2023).

Kegiatan sosialisasi dan kuis Pancasila ini bertujuan untuk membantu anak-anak memahami dan menginternalisasi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, seperti Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Dengan cara ini, diharapkan anak-anak dapat tumbuh menjadi generasi yang mencintai dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Ulfa Destari, Kepala dinas Pendidikan, Inovasi dan Karya  PEMA FISIP UTU Menyebutkan kegiatan ini diselenggarakan secara interaktif dan menyenangkan, sesuai dengan karakteristik anak-anak. Para peserta akan diajak untuk berpartisipasi dalam sesi edukatif yang melibatkan permainan, cerita, dan kegiatan kolaboratif.

Dalam suasana yang ramah dan akrab, anak-anak akan diberikan pemahaman tentang makna dan pentingnya setiap sila Pancasila.

Selain itu juga diadakannya kuis Pancasila yang menguji pengetahuan dan pemahaman anakanak tentang nilai-nilai Pancasila. Kuis ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk berkreasi dan menunjukkan pemahaman mereka dalam bentuk yang menarik dan kreatif.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah sebagai apresiasi dan memotivasi mereka dalam mempelajari dan menghargai Pancasila.

Dinas Pendidikan, Inovasi, dan Karya PEMA FISIP UTU sebagai penyelenggara, bertekad untuk terus mendukung pendidikan Pancasila kepada anak-anak sebagai investasi penting bagi masa depan bangsa.

“Kami percaya bahwa dengan membangun pemahaman anak-anak tentang Pancasila, kita sedang membentuk generasi penerus yang cinta tanah air, memiliki
sikap toleransi, dan menjunjung tinggi persatuan,” ucap Ulfa

Selain itu, PEMA UTU merayakan Hari Pancasila dengan melibatkan anak-anak SDN Gunong Kleng untuk
menginspirasi mereka untuk menjadi pribadi yang berintegritas, beretika, dan memiliki semangat kebangsaan.

“Harapan kami sebagai penyelenggara semoga kegiatan sosialisasi ini bisa terus dilakukan kedepannya dan di Sekolah lainnya guna mewujudkan masa depan yang lebih baik,” pungkas Kadis Pendidikan, Inovasi dan Karya PEMA FISIP. (Humas UTU).