MEULABOHUTU | Seiring dengan dimulainya tahap Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) untuk tahun 2024, Universitas Teuku Umar mulai gencar melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat terkait penerimaan mahasiswa baru. Untuk menjangkau penyebaran informasi ke berbagai Sekolah, UTU secara khusus menggelar sosialisasi dan promosi SNPMB secara serentak di delapan kabupaten/kota di wilayah Barat Selatan Aceh. Pada Selasa (23/1/2024), tim Sospro UTU melaksanakan sosialisasi di Kabupaten Aceh Selatan.

Sosialisasi untuk penyebar luasan informasi tentang SNPMB bekerjasama dengan Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Selatan dengan menghadirkan seluruh kepala sekolah maupun operator SMA/SMK/MA sederajat, juga turut  menghadirkan perwakilan siswa-siswi untuk mendapatkan penjelasan lebih detail tentang seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Teuku Umar.

Adapun tim sospro yang diturunkan oleh UTU ke kabupaten Aceh Selatan dipimpin oleh Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Hamdi Harmen, SE., MM dengan didampingi anggota tim  Zainal Putra, SE., M.M (Wakil Dekan 1 Fakultas Ekonomi),  Phoenna Ath-Thariq, S.H.,L.L.M. (Wakil Dekan 2 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) dan Muhammad Akbar Ichtiar, S.A.N (Staf akademik FISIP).

Dalam sambutannya Dr. Hamdi Harmen mengatakan agenda sosialisasi menjadi sangat penting, untuk memberikan pemahaman secara mendetail tekait prosedur pendaftaran mahasiswa baru. Terlebih dalam pendaftaran mahasiswa khususnya jalur prestasi, pihak sekolah memiliki peran sangat besar yang dapat menentukan keikutsertaan sistem pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024.

“Masyarakat khususnya siswa dan pihak sekolah harus faham betul dengan prosedur pendaftaran mahasiswa baru 2024. Jangan sampai kurangnya pemahaman tentang SNPMB, mengakibatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi jadi terbuang percuma,” pungkas Dr. Hamdi.

Sementara itu Zainal Putra, SE., MM menambahkan sosialisasi dan promosi ini menghadirkan 45 sekolah yang terdiri dari kepala sekolah dan operator serta perwakilan siswa.

“Kegiatan sosialisasi dibagi dua titik yaitu di SMAN 1 Kluet Utara, dilaksanakan pada Selasa, 23 Januari 2024 dan di SMAN 1 Sawang pada Rabu, 24 Januari 2024,” jelas Zainal Putra

Ia berharap dengan sampainya informasi secara detail kepada pihak sekolah, diharapkan dapat diteruskan kepada Siswa sehingga mereka dapat memahami tahapan pelaksanaan SNPMB baik itu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2024.

Sementara itu daya tampung setiap jenjang pendidikan, berada di besaran 40 persen dari daya tampung untuk Jalur SNBP, dan 50 persen daya tampung untuk Jalur SNBT, serta 10 persen daya tampung Jalur Mandiri.

“Penerimaan mahasiswa baru UTU tahun akademik 2023/2024 ini UTU akan menerima lebih Kurang 2,700 peserta didik untuk jenjang strata satu,” tambah Phonna At Thariq

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Selatan Rasmadi, S.Pd., M.Si menyambut baik sosiaslisasi yang digelar oleh UTU.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi tersebut. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada Rektor UTU yang telah menurunkan tim untuk melakukan  sosialisasi penerimaan mahasiswa baru, semoga para siswa dapat memahami proses masuk perguruan tinggi negeri dengan benar” pungkas Rasmadi (Aduwina Pakeh / Humas UTU).